Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dampak Positif dan Negatif Gejala Sosial dalam Masyarakat

Gejala sosial merupakan suatu peristiwa yang terjadi dalam masyarakat mencakupi aspek nilai dan moral. Gejala sosial yang terjadi secara terus menerus tentunya akan menimbulkan perubahan sosial baik bersifat positif ataupun negatif. Nah, seperti apasih dampak positif dan negatif dari gejala sosial itu? Mari kita baca bersama dalam artikel ini.

Dampak Positif dan Negatif Gejala Sosial dalam Masyarakat

A. Dampak Positif Gejala Sosial

1. Adanya diferensiasi struktural

Diferensiasi struktural berfokus terhadap perkembangan lembaga sosial baru ditengah kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dengan tujuan supaya dapat terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Contohnya munculnya e-commerce sebagai elemen baru dalam kegiatan jual-beli di masyarakat. 

2. Tingkat pendidikan formal meningkat

Dengan adanya gejala sosial memunculkan statement bahwa “pendidikan itu penting” membuat masyarakat memiliki pemahaman baru akan pentingnya pendidikan sehingga memprioritaskan pendidikan terlebih pendidikan formal. 

3. Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi meningkat

Kebutuhan pendidikan yang tinggi harus didampingi dengan penguasaan mengenai teknologi pula sehingga dapat menghasilkan penemuan dan inovasi baru dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4. Adanya potensi terhadap munculnya nilai dan norma baru

Seiring dengan perkembangan zaman dan gejala sosial nilai dan norma yang telah ada sebelumnya namun tidak relevan akan mengalami perbaikan atau penghapusan diganti dengan nilai dan norma baru yang lebih relate ke masa sekarang.

5. Adanya perwujudan kesetaraan gender

Dengan berkembangnya pendidikan, masyarakat menyadari bahwa gender tidak lagi menjadi penghalang bagi seseorang untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik sehingga dapat terciptanya kesetaraan gender. 

6. Industrialisasi semakin berkembang

Banyaknya masyarakat yang telah mengakses pendidikan dengana layak maka akan menghadirkan sumber daya manusia yang terampil dan unggul sehingga banyak terciptanya industri-industri baru.

7. Adanya perlindungan terhadap kebebasan beragama

Berkembangnya gejala sosial memberi dampak bagi masyarakat untuk lebih menyadari akan adanya perbedaan dan perbedaan bukanlah halangan bagi seseorang sehingga muncul sikap toleransi yang terjalin.

8. Kesadaran politik meningkat 

Dengan sumber daya manusia yang unggul maka akan muncul sikap untuk menyadari dan menelaah politik yang sedang terjadi sehingga ada keinginan untuk berkontribusi dan membawa politik negaranya kea rah yang lebih baik.

9. Masyarakat semakin maju dan produktif

Dengan pendidikan yang memadai dan di dukung oleh teknologi yang canggih maka akan melahirkan masyarakat yang memiliki pola pikir kritis dan produktif sehingga terjadi kemajuan nantinya.

B. Dampak Negatif Gejala Sosial

1. Adanya penyimpangan sosial di masyarakat

Gejala sosial dapat menimbulkan ketimpangan sosial dimana terjadinya perilaku menyimpang oleh seseorang yang menimbulkan kerugian bagi orang lain. Contohnya perilaku mencuri karena ringginya tingkat kemiskinan. 

2. Meningkatnya konflik dan kekerasan di masyarakat

Munculnya gejala sosial seperti kemiskinan, kurangnya sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup dan memadai, dan tingginya tingkat pengangguran mengakibatkan terjadinya kasus kekerasan, tawuran, peperangan, perebutan wilayah, dan perebutan sumber daya alam.

3. Adanya kesenjangan antar kelas sosial

Tingginya angka kemiskinan menyebabkan kesenjangan antar kelas sosial dalam masyarakat yang memicu ketidakrukunan antar warga sehingga dapat mengakibatkan terjadinya tindakan kriminal seperti mencuri, penjambretan, hingga pembunuhan.

4. Adanya kerusakan alam

Gejala sosial juga dapat mengakibatkan kekacauan seperti kerusakan alam dimana masyarakat mengambil sumber daya alam secara berlebihan tanpa menananmnya kembali.

5. Terjadinya kemunduran moral

Gejala sosial juga dapat mengakibatkan kemunduran moral akibat tergerus budaya dan teknologi yang tidak seharusnya ada yang mengakibatkan masyarakat menjadi tidak teratur.

Dari penjabaran dampak positif dan negatif tersebut, sebenarnya gejala sosial banyak memberikan dampak positif apabila kita bisa menyikapinya dengan bijak dan tetap berpedoman akan nilai nilai moral yang telah ada sebelumnya.

Referensi

  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5704507/12-contoh-gejala-sosial-serta-pengertian-jenis-dan-karakteristiknya
  • https://kumparan.com/berita-update/apa-itu-gejala-sosial-dan-bagaimana-dampaknya-1vKp1z5yBSX/4

*Penulis : Nabila Salsa Bila