Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara dalam Mengatasi Ketimpangan Sosial

Cara dalam Mengatasi Ketimpangan Sosial

Ketimpangan sosial merupakan suatu situasi ditengah masyarakat yang menunjukkan adanya ketidakmerataan atau ketidakseimbangan yang disebabkan oleh adanya perbedaan aspek-aspek yang ada di masyarakat meliputi aspek sosial, aspek ekonomi, dan aspek budaya.

Di Indonesia sendiri, masih banyak terjadi kasus ketimpangan sosial. Untuk itu diperlukan adanya cara dan upaya untuk mengatasinya. Berikut adalah upaya dan cara untuk mengatasi ketimpangan sosial yang meliputi:

1. Peningkatan Kualitas Penduduk

Masyarakat Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda dimana perbedaan karakteristik tersebut dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas penduduknya, seperti:

  • Memperbaiki kualitas pendidikan seperti adanya program sekolah gratis dan beasiswa bagi siswa kurang mampu, adanya program wajib belajar 12 tahun.
  • Meningkatkan fasilitas kesehatan seperti menambah jumalh tenaga kesehatan terutama di wilayah terpencil, dan pemberian fasilitas kesehatan yang memadai.
  • Melakukan pemberdayaan kelompok masyarakat seperti melakukan penyuluhan dan sosialisasi bagi warga desa.

2. Mobilitas Geografi

Mobilitas berkaitan erat dengan perpindahan atau perubahan gerak yang dimaksud yaitu perpindahan sekelompok penduduk dari satu daerah ke daerah lain dengan tujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk sehingga tercipta pemerataan yang diikuti dengan pembangunan.

Contohnya yaitu adanya transmigrasi dari daerah yang pada penduduk seperti di Pulau Jawa dan melakukan transmigrasi ke daerah yang tidak padat penduduk seperti di Pulau Kalimantan. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan kesenjangan sosial.

3. Menciptakan Peluang Kerja

Indonesia menempati posisi ke-empat sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Banyaknya jumlah penduduk terutama usia produktif tidak dibarengi dengan tersedianya lapangan kerja yang cukup.

Oleh sebab itu, dibutuhkan banyak lapangan kerja sehingga kesenjangan sosial dalam aspek ekonomi dapat berkurang 

Referensi

  • https://www.ruangguru.com/blog/beberapa-upaya-untuk-mengatasi-ketimpangan-sosial
  • https://nasional.sindonews.com/read/691649/15/arti-dan-bentuk-ketimpangan-sosial-yang-sering-ditemukan-di-masyarakat-1645362164

*Penulis: Nabila Salsa Bila