Profil Negara Chili

Republik Chili kadang-kadang dieja dengan Chile, Cili, atau Cile, yang merupakan negara berdaulat di Benua Amerika. Tepatnya negara ini menghadap pantai Pasifik Amerika Selatan. Negara ini memiliki ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Santiago.

Berikut adalah informasi lengkap profil negara Chili lengkap yang bisa Kamu simak. 

Profil Negara Chili

A. Karakteristik Negara Chili

Nama Resmi: Republik Chili
Nama Lokal: Republica de Chile (Spanyol)
Ibu Kota: Santiago
Semboyan Negara: Por la razon o la fuerza (Dengan akal budi atau kekuatan)

Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de Chile
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Kongres Nasional (Senado + Camara de Diputados)
Hari Kemerdekaan: 12 Februari 1818
Jumlah Penduduk: 18.186.770 (estimasi Juli 2020)

Suku Bangsa: Kulit Putih dan non-indigenous (non pribumi) 88.9%, Mapuche 9.1%, Aymara 0.7%, kelompok etnis pribumi lainnya 1% termasuk Rapa Nui, Likan ANtai, Quechua, Colla, Diaguita, Kawesqar, Yagan atau Yamana

Mata Uang: Peso Chili (4) (CLP)
Kode Telepon: +56

Bendera Negara Chili

B. Sejarah Berdirinya Chili

Sebelum kedatangan orang Spanyol pada abad ke-16, bagian utara Chili merupakan wilayah yang dikuasai oleh kerjaan Inka. Penduduk aslinya yaitu Mapuche menghuni bagian tengah dan selatan Chili.

Pemerintah Junta Chili memproklamasikan kemerdekaan Chili pada 18 September 1810. Kemudian tanggal tersebut diperingati sebagai hari kemerdekaan Chili. Meskipun sudah memproklamasikan kemerdekaan, akan tetapi pada sat aitu Chili masih merupakan negara republik otonomi yang berada di bawah monarki Spanyol. 

Chili baru memperoleh kemerdekaan penuh sebagai negara yang berdaulat pada 12 Februari 1818. Akan tetapi, pengakuan resmi dari Spanyol adalah 25 April 1844.

C. Luas dan Batas Wilayah Chili

Luas wilayah Chili adalah 756.102 km persegi dimana 1,63% berupa air dan 743.812 berupa tanah. Chili terbagi menjadi tiga zona yaitu Chili Kontinental atau daratan utama, Chili Insular atau Chili kepulauan, dan Teritori Antartika Chili.

Pertama, Chili Kontinental berupa jalur sempit yang terletak di pantai barat Kerucut Selatan. Pantai barat Kerucut Selatan membujur dari pesisir tenggara Samudera Pasifik hingga Andes dengan panjang keseluruhan 4.270 km.

Kedua, Chili Insular berupa kumpulan pulau-pulau vulkanik yang berada di Samudera Pasifik di bagian selatan. Terdapat pula pulau Paskah dan Isla Salas y Gomez. Kedua pulau tersebut jika dilihat secara geografis maka terletak di Polinesia. 

Bagian selatan terdapat kepulauan Juan Fernandez dan Kepulauan Desventuradas dimana kedua kepulauan tersebut masuk Amerika Selatan.

Ketiga, Teritori Antartika Chili yang luasnya mencapai 1.250.257,6 km persegi di Antartika. Zona tersebut terlatak di antara 53o BB dan 90o BB dan diklaim Chili sebagai wilayah kedaulatannya. Daerah ini berbatasan dengan Kutub Selatan dan memiliki klaim yang ditangguhkan di dalam Sistem Traktat Antartika.

Sistem Traktat Antartika membuat Chili (sebagai salah satu anggota) harus melepaskan klaimnya karena tidak ikut serta dalam sistem traktat. Namun, Chili menyatakan bahwa negaranya merupakan negara tiga benua yang didukung dari letaknya yang berada di benua Amerika, Antartika, dan Oseania.

Secara astronomis Chili terletak di antara 17°LS hingga 56°LS dan 66°BB hingga 75°BB. Berikut adalah batas-batas wilayah Chili, yaitu:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Peru
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Antartika
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Sebelah timur berbatasan dengan Bolivia dan Argentina

D. Pembagian Wilayah Administratif Chili

Pada 1978, secara administratif wilayah Chili dipevah menjadi beberapa region. Pada 1979, region dibagi menjadi beberapa provinsi yang kemudian dibagi lagi menjadi komune. Sehingga jika ditotal, Chili memiliki 16 region, 56 provinsi, dan 348 komune.

Region yang ada di Chili antara lain Arica y Parinacota, Tarapaca, Antofagasta, Atacama, Coquimbo, Valparaiso, Metropolitan Santiago, Libertador General Bernardo O’Higgins, Maule, Nuble, Biobio, Araucania, Los Rios, Los Lagos, Aysen del General Carlos Ibanez del Campo, serta Magalles dan Antartika Chili.

Setiap region di Chili memiliki nama dan angka Romawi yang diurutkan dari utara ke selatan kecuali untuk region Metropolitan Santiago yang tidak memiliki nomor.

Penciptaan dua region baru pada 2017 yaitu Arica dan Parinacota (XV) dan Loas Rios (XIV), dan satu region pada 2018, Nuble (XVI) membuat penomoran tersebut telah kehilangan urutan orisinalnya. 

E. Kondisi Geografis Chili

Chili menjadi salah satu negara terpanjang di dunia. Jika hanya melihat dari daratannya, negara ini termasuk unik karena sempit wilayahnya dari timur ke barat. Chili mengklaim 1.250.000 km persegi wilayah Antartika sebagai bagian dari wilayahnya.

Akan tetapi klaim tersebut ditangguhkan di bawah Perjanjian Antartika. Negara ini merupakan negara paling selatan di dunia secara geografis jika dilihat dari wilayah daratannya. 

Chili berdaulat atas Pulau Paskah dan Pulau Sala y Gomez, salah satu pulau di kawasan Polinesia yang dikuasai pada 1888. Serta Pulau Robinson Crusoe yang jaraknya lebih dari 600 km dari daratan, pulau-pulau kecil San Ambrosio dan San Felix juga ditinggal oleh nelayan lokal.

Chili memiliki gurun yang Berna,a Gurun Atacama yang memiliki banyak kekayaan mineral terutama tembaga dan nitrat. Lembah tengah relatif kecil mendominasi negara dalam hal populasi dan sumber daya pertanian. Daerah ini juga menjadi pusat sejarah prkembangan negara pada akhir abad ke-19.

Wilayah selatan Chili dipenuhi oleh hutan, tanah penggembalaan, gunung berapi, dan danau. Pegunungan Andes terletak di perbatasan timur.  

F. Kondisi Iklim Chili

Iklim di Chili bervariasi mulai dari iklim sedang di bagian selatan, iklim mediterania di bagian tengah, dan iklim paling kering di dunia yaitu iklim gurun di bagian utara yang terdapat gurun Atacama.

Di bagian utara atau Gurun Atacama terkenal sebagai daerah penghasil tembaga yang melimpah jumlahnya. Sedangkan di bagian tengah merupakannpusat dari kegiatan politik dan kebudayaan serta memiliki jumlah populasi penduduk cukup banyak.

Di bagian selatan daerah Chili berupa hutan dan padang rumput. Selain itu, terdapat juga beberapa gunung berapi dan danau.

G. Kondisi Ekonomi Chili

Chili merupakan salah satu negara dengan peringka kualitas kehidupan, pembangunan ekonomi, indeks pembangunan manusia, pendapatan per kapita, dan indeks globalisasi tertinggi di Amerika Latin.

Produk Domestik Bruro (PDB) Chili adalah $436.000.000.000,00 (USD) dengan $24.000,00 (USD) per kapita. Hal ini membuat Chili menempati posisi ke-44 ekonomi terbesar di dunia dan warganya menempati posisi ke-75 terkaya di dunia.

Keuangan di Chili telah tumbuh dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan Chili memiliki perundang-undangan reformasi mengenai perbankan yang telah disetujui pada 1997.

Kebijakan ini dilakukan untuk memperluas dan memperbolehkan pihak asing di bank-bank Chili. Selama 10 tahun terakhir, sebagian masyarakat Chili dapat menikmati beberapa peranti keuangan baru seperti opsi dan futura mata uang, penyewaan, kartu debit, pinjaman ekuitas rumah, dan lain sebagainya.

Selain itu, perekonomian Chili juga didukung dari sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan Chili menawarkan tempat-tempat menarik seperti Lembah Bulan, peninggalan suku Inka, Danaau Altiplano di San Pedro se Atacama, Pulau Paskah di Samudera Pasifik yang terkenal dengan patung wajah yang berukuran raksasa, dan juga gunung berapi Parinacota dan Pomrape.

Saat sedang musim panas, maka daerah di sekitar pesisir banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu, pantai di wilayah tersebut juga terkenal sebagai lokasi untuk melakukan selancar terbaik di Amerika Selatan. 

H. Sistem Pemerintahan Chili

Sistem pemerintah yang dianut Chili adalah republik presidensial dengan kepala negara dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang Presiden. Presiden Chili dipilih secara langsung oleh rakyat setiap empat tahun sekali. Presiden Chili hanya dapat menjabat selama satu periode.

Chili merupakan negara kesatuan demokratis yang memiliki sistem presidensial. Pada sistem presidensial, terdapat beberapa instutusi otonom yang telah dikehendaki konstitusi dengan fungsi tertentu dan tidak sama dengan doktrin tradisional pemisahan kekuasaan.

Saat ini, Chili menggunakan konstitusi pada referendum nasional yang telah disetujui pada 11 September 1980 yang pada saat itu dipimpin oleh Augusto Pinochet. Kemudian, referendum tersebut menjadi dokume fundamental negara sejak 11 Maret 1981.

Kementerian Chili ditunjuk langsung oleh Presiden sebagai mitra langsung dalam pemerintahan dan administrasi negara. Sedangkan dalam lembaga administrasi regional bertanggung jawab kepada Pemerintah Regional, wilayah provinsi dipimpin oleh gubernur yang ditunjuk langsung oleh Presiden, dan lembaga administrasi lokal ditanggungjawabkan oleh munisipalitas yang terdiri atas wali kota dan pemerintah dewan pengelola yang dipilih oleh rakyat itu sendiri.  

I. Agama Penduduk Chili

Pada tahun 2015, agama dominan di Chili adalah Kristen sebanyak 68% dengan 55% populasi adalah jemaat Gereja Katolik Roma, 13% Gereja Injil, dan 7% penganut agama lain. Agnostic dan ateis di negara ini diperkirakan sekitar 25% populasi.

Pemerintah Chili menetapkan hari Natal, Jumat Agung, Pesta Perawan Carmen, Perayaan Santo Petrus dan Paulus, Perayaan Maria Diangkat ke Surga, Hari Semua Orang Kudus, dan Pesta Konsepsi Tanpa Noda sebagai Hari Libur Nasional.

Baru-baru ini, pemerintah Chili menyatakan Hari Reformasi yang jatuh pada 31 Oktober sebagai hari libur nasional untuk menghormari Gereja Evangelis di Chili.

Orang-orang Kudus pelindung Chili adalah Our Lady of Mount Carmel dan Saint James the Greater (Santiago). Pada 2005, Paus Benediktus XVI mengkanonisasi Alberto Hurtado sebagai Santo Katolik Roma Pribumi kedua setelah Teresa de los Andes. 

J. Bahasa Resmi Chili

Bahasa resmi Chili adalah bahasa Spanyol. Terdapat juga beberapa bahasa lokal seperti bahasa Mapudungun, Quechua, Aymara, dan Rapa Nui. Setelah invasi bahasa Spanyol, bahasa Spanyol mengambil alih sebagai lingua franca sehingga membuat bahasa pribumi menjadi minoritas.

Melalui inisiatif seperti Program Membuka Pintu Bahasa Inggris, pemerintah Chili membuat bahasa Inggris wajib bagi siswa kelas lima dan lebih tinggi. Bahkan beberapa sebagian besar sekolah swasta di Chili sudah mengajarkan bahasa Inggris sejak taman kanak-kanak.

K. Fakta-Fakta Menarik Chili

  1. Nama negara Chili berasal dari kata “chilli” yang artinya dimana daratan berakhir.
  2. Chili termasuk negara terpanjang yang terbentang dari utara hingga selatan.
  3. Chili memiliki kurang lebih 1.300 gunung dan beberapa diantaranya menjadi terbesar di dunia dan masih aktif hingga saat ini. Beberapa gunung tersebut yaitu Cerro Arul, Cerro Hudson, dan Villarrica.
  4. Chili memiliki lima situs warisan dunia UNESCO yaitu Taman Nasional Rapa Nui, Gereja Chiloe, Humberstone dan Santa Laura Saltpeter, Sawell Mining Town, dan Kota Pelabuhan Valparaiso.
  5. Chili memiliki danua yang Bernama Chungara. Danau ini menjadi danau tertinggi karena lokasinya yang berada jauh dari atas permukaan laut.
  6. Chili memiliki bandara yang lokasinya terpencil. Bandara tersebut yaitu Banda Internasional Mataveri di Pulau Paskah.
  7. Pada 1900 Chili pernah mengalami gempa bumi dahsyat dengan skala magnitude 9,5 dan menyebabkan tewasnya 1.500 nyawa.

L. Hubungan Luar Negeri Chili dengan Indonesia

Hubungan Chili dan Indonesia dimulai sejak dibukanya hubungan kekonsuleran pada 1964. Sedangkan hubungan diplomatik secara resmi dibuka pada September 1965. Kantor KBRI di Santiago, Chile dibuka pada 1991.

Penunjukan Duta Besar LBBP sebagai wakil negara masing-masing di negara akreditasi, menandakan bahwa hubungan keduanya sangat baik dan aktif.

Hubungan Chili dan Indonesia terjalin baik dalam fora internasional melalui kesepakatan saling dukung antara kedua negara dalam beberapa kali pencalonan Indonesia dan Chile di badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional.

Pada Desember 2017, Menteri Perdagangan RI dan Menteri Luar Negeri Chili menandatangani IC-CEPA yang pemberlakuannya dimulai pada 10 Agustus 2020. Kerja sama perdagangan ini menjadi kerja sama bilateral pertama bagi Indonesia dan negara di wilayah Amerika Latin.

Untuk meningkatkan awareness hubungan antara Indonesia dan Chili, Indonesia menawarkan program kegiatan seperti pemberian beasiswa Darmasiswa, beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB), dan beasiswa Budaya Seni dan Bahasa Indonesia (BSBI).

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2023). “Info Bilateral”. https://www.kemlu.go.id/santiago/id/pages/hubungan_bilateral/4802/etc-menu
  • Dickson. (2020). “Profil Negara Chili (Chile)”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-chili-chile/
  • Safe Travel. (2023). “Chile”. https://safetravel.kemlu.go.id/country-info/41
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Chili”. https://semutaspal.com/chili/
  • Kamus Data. (2019). “Profil Singkat Negara Chile”. https://www.kamusdata.com/profil-singkat-negara-chile/
  • Ika Lestari. (2019). “Negara Chili: Karakteristik-Sistem Pemerintahan-Perekonomian”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-chili

*Penulis: Nabila Salsa Bila