Profil Negara Honduras

Honduras merupakan negara penghasil pisang erbesar di dunia yang berada di Amerika Tengah. Banyaknya produksi pisang di negara ini membuatnya mendapat julukan sebagai “Republik Pisang”.

Berikut adalah informasi lengap negara Honduras yang penting untuk disimak, agar Kita bisa mengenali Honduras dengan lebih mendalam. 

Profil Negara Honduras

A. Karakteristik Negara Honduras

Nama Resmi: Republik Honduras (Republic of Honduras)
Nama Lokal: Republica de Honduras
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensil
Sistem Pemerintahan: Presidensial

Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Congreso Nacional
Ibu Kota: Tegucigalpa

Hari Kemerdekaan: 15 September 1821
Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de Honduras
Semboyan Negara: Libre, Soberana e Independiente (Bebas, Berdaulat, Independen)
Etnis: Mestizo (campuran Amerika Indian dan Eropa 90%, Amerika Indian 7%, etnis Hitam 2%, dan etnis Putih 1%

Jumlah Penduduk: 9.235.340 (estimasi Juli 2020)
Mata Uang: Lempira Honduras (HNL)
Kode Telepon: +504

Bendera Negara Honduras

B. Luas dan Batas Wilayah Honduras

Luas wilayah Honduras adalah 112.090 km persegi. Honduras menjadi negara terbesar kedua di Amerika Tengah setelah Nikaragua. Sedangkan letak astronomis Honduras adalah 13° LU hingga 17° LU dan 83°BB hingga 90° BB.

Berikut adalah batas-batas wilayah Honduras, yaitu:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Karibia
  • Sebelah selatan berbatasan dengan El Salvador dan Samudera Pasifik
  • Sebelah barat berbatasan dengan Guatemala
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Nikaragua

C. Pembagian Wilayah Administratif Honduras

Honduras dibagi menjadi 18 departemen. Ibu kotanya berada di Tegucigalpa, Distrik Tengah yang dikelilingi oleh Departemen Francisco Morazan. Sebuah divisi administratif baru yang disebut dengan ZEDE (Zonas de empleo y Desarrollo economico) yang dibuat pada 2013.

ZEDE memiliki tingkat otonomi yang tinggi dengan sistem politik mandiri di tingkat peradilan, ekonomi, dan administratif. ZEDE sendiri didasarkan pada kapitalisme pasar bebas.

18 departemen yang ada di Honduras meliputi Atlantida, Choluteca, Colon, Comayagua, Copan, Cortes, El Paraiso, Francisco Morazan, Gracian a Dios, Intibuca, Islas de la Bahia, La Paz, Lempira, Ocotepeque, Olancho, Santa Barbara, Valle, dan Yoro.

D. Kondisi Geografis Honduras

Ketinggian rata-rata Honduras adalah 684 m di atas permukaan laut. Medan di negara ini sebagian besar bergunung-gunung di pedalaman dengan beberapa dataran pantai yang sempit.

Honduras memiliki empat wilayah geografis yang berbeda. Pesisir Mosquito sesuai dengan nama suku Indian Mosquito terletak di dataran rendah timur dan pegunungan di dekatnya sepanjang Laut Karibia.

Daerah hutan hujan lebat yang panas dan lembab menyumbang sekitar 20% dari total luas lahan Honduras. Di Karibia juga terdapat Pantai Utara (Costa Norte) ebrupa sebidang dataran subur yang ditanami beberapa perkebunan pisang. Selain itu, juga ditanamai hasil perkebunan lain seperti padi, singkong, jagung, dan kacang-kacangan.

Datarn tinggi tengah mencakup sekitar  65% dari wilayah Honduras. Daerah ini dibentuk oleh Cordillera Amerika Tengah dan rantai pegunungan vulkanik yang membentang melalui daerah pedalaman.

Puncak tertinggi Honduras yaitu Gunung Las Minas dengan ketinggian sekitar 2.970 meter. Wilayah ini memiliki lembah subur yang menjadi temoat budidaya kopi, tembakau, gandum, jagung, sorgum, dan buah-buahan. Selain itu, daerah ini juga ditinggali hampir sekutar 70% penduduk Honduras.

Dataran rendah Pasifik yang terletak di sepanjang pantai Samudera Pasifik dan membentuk 2% dari luas lahan Honduras. Daerah ini banyak terdapat padang rumput yang turut mendukung bisnis peternakan Honduras.

E. Kondisi Iklim Honduras

Iklim di Honduras adalah tropis dengan kelembaban yang ekstrim. Suhu rata-rata sekitar 27°C di dataran rendah pesisir. Ketinggian di pedalaman yang dingin lebih tinggi.

Curah hujan di Honduras bervariasi sesuai dengan lokasinya. Di sepanjang pantai utara tropis, curah hujan berkisar antara 1.775 sampai 2.540 milimeter tiap tahunnya. Sebagian besar hujan turun dari bulan Juli hingga Februari. Sedikit hujan turun di sepanjang Pantai Pasifik dan turun antara bulan Mei dan November.

F. Kondisi Ekonomi Honduras

Pendapatan tahunan Honduras sekitar 25% didapatkan dari gabungan industri pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kontributor utamanya yaitu pisang. Sebagian besar perkebunan pisang dimiliki oleh dua perusahaan Amerika Serikat yaitu United fruit Company dan Standard Fruit and Steamship Company.

Kemudian pada 1998, Honduras mengalami bencana alam yaitu Badai Mitch. Badai ini turut menewaskan lebih dari 5.000 penduduk dan sedikitnya satu juta jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

Selain merenggut korban jiwa, badai Mitch juga memporak-porandakan lahan pertanian. Oleh sebab itu, pemerintah Honduras harus bekerja keras untuk memulihkan industri dan pertanian.

Sebelum bencana terjadi, pemerintah mendorong para petani untuk membudidayakan tanaman lain. Tujuannya untuk mengurangi ketergantungan negara pada pisang. Oleh karena itu, lahan pertanian mulai ditanami kopi, tembakau, kapas, tebu, dan melon.

Selain pertanian, Honduras juga memiliki industri manufaktur kecil tapi berkembang. Produk utama dari industri tersebut adalah tekstil, kertas, semen, bir, dan minuman ringan. 

G. Sistem Pemerintahan Honduras

Sistem pemerintahan Honduras adalah Republik Presidensil dengan kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang presiden. Presiden Honduras dipilih secara langsung dalam pemilihan Presiden untuk masa jabatan 4 tahun.

Parlemen Honduras disebut denan Unicameral National Congress atau Congresso Nacional yang terdiri dari 128 kursi untuk masa jabatan selama 4 tahun.

H. Agama yang Dianut Penduduk Honduras

Mayoritas penduduk Honduras menganut agama Katolik Roma. Kendati demikian, jemaat Gereja Katolik Roma dari tahun ke tahu semakin menurun, sedangkan jemaat Gereja Protestan mengalami peningkatakan.

Berdasarkan data oleh International Religious Freedom Report tahun 2008 mencatat bahwa 51,4% penduduk Honduras menganut agama Katolik Roma, 36,2% menganut agama Protestan Evangelis, 1,3% beragama lain seperti Islam, Buddha, Yahudi, dan Rastafarian, 11,15 tidak menjawab, dan 8% ateis. 

Di Honduras terdapat Gereja Anglikan, Presbiterian, Metodis, Gereja Masehi Advent Hari Ketjuh, Lutheran, Mormon, dan Pentakosta. Akan tetapi, hanya Gereja Katolik yang diakui oleh negara. gereja tersebut membuat dan mengelola beberapa sekolah, rumah sakit, dan lembaga pastoral.

I. Bahasa Resmi Honduras

Bahasa resmi Honduras adalah bahasa Spanyol. Akan tetapi, sejumlah bahasa lokal juga masih banyak digunakan. Bahasa isyarat Honduras biasanya dipakai di komunitas tuna rungu dan bahasa Inggris kreol di Kepulauan Bay.

Bahasa pribumi di Honduras, antara lain:

  1. Garifuna (Arawakan) dituturkan oleh 100.000 penutur termasuk monolingual
  2. Miskito (Misumalpan) dituturkan 29.000 penutur
  3. Mayangna (Misumalpan) dituturkan kurang dari 1.000 penutur
  4. Pech atau Paya (Chibchan) dituturkan kurang dari 1.000 penutur
  5. Tol (isolate) dituturkan kurang dari 500 peututr
  6. Ch’orti’ (Mayan) dituturkan kurang dari 50 penutur.

Bahasa imigran terbesar adalah bahasa Arab (42.000 penutur), Armenia (1.300 penutur), Turki (900 penutur), dan Yue Cina (1.000 penutur).

J. Fakta Menarik Honduras

1. Honduras menjadi asal peradaban suku Maya

Wilayah Honduras telah dihuni sebeluma abad ke-1 M. Reruntuhan di Copan menunjukkan bahwa wilayah tersebut menjadi pusat peradaban suku Maya sebelum suku Maya bermigrasi ke Semenanjung Yucatan.

Seni dan arsitektur periode colonial pra-Columbus dan Spanyol masih terlihat jelas dalam budaya Honduras. Tepatnya di koata Mayacopan yang menjadi puncak periode Klasik Maya.

Tempat tersebut ditemukan pada awal abad ke-16, kemudian Copan sebagian digali dan dipugar pada 1839. Arsitektur Spanyol mencerminkan gaya Moor, Gotik, dan gaya Barok.

Orang Eropa pertama yang menemukan reruntuhan situs tersebut adalah penjelajah Spanyol di akhir abad ke-16. Pelancong Amerika John Lloyd Stephens dan Frederick Catherwood menemukan kembali pada 1839.

Kemudian pada 1930-an dan 1940-an reruntuhan tersebut dipulihkan oleh kelompok yang disponsori oleh Carnegie Institution of Washington DC dan pemerintah Honduras. 

2. Honduras kaya akan pariwisata alam

Dolphin Encounter menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di pantai barat laut Roatan tepatnya di Anthony’s Key Resort. Tempat ini merupakan sebuah institute Ilmu Kelautan Roatan yang juga menjadi sarana edukasi bagi pengunjung mengenai ekologi laut dan lumba-lumba.

Di Honduras, terdapat festival de Lluvia de Peices yaitu festival untuk menyambut hujan ikan. Fenomena ini terjadi karena adanya bada besar yang membawa ikan-ikan di laut jatuh di daratan.

3. Honduras menjadi negara miskin

Honduras termausk dalam negara miskin dan mayoritas penduduknya bekerja dalam kondisi yang sulit. Hal ini diperparah dengan sumber daya minral yang dimiliki Honduras seperti perak, emas, timah, seng, besi, merkuri, dan tembaga terbatas.

Budaya Honduras modern belum menghasilkan banyak perwakilan seni yang kuat sehingga kemiskinan di Honduras semakin meluas.

K. Hubungan Luar Negeri Honduras

  1. Hubungan diplomatik Honduras dan Indonesia dimulai sejak 1997. Pada 2016, Honduras dirangkap dari KBRI Panama City. Sedangkan Indonesia dirangkap oleh Perutusan Tetap Honduras di New York. 
  2. Untuk membentuk kepentingan dalam peningkatan hubungan bilateral, Indonesia memiliki Konsul Kehormatan di Honduras, Mohammad Yusuf Amdani Bai.
  3. Hubungan bilateral RI dan Honduras untuk meningkatkan kehadiran Indonesia di kawasan Amerika Tengah dan mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dalam kerja sama prioritas.
  4. Dalam lingkup kerja sama regional, hubungan bilateral kedua negara sebagai poros konektivitas dan penguat hubungan antar kawasan yang dilakukan melalui Forum for East Asia and Latin America Cooperation (FEALAC).

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2019). “Hubungan Bilateral RI-Honduras”. https://kemlu.go.id/panama/id/pages/ri_-_honduras/4428/etc-menu
  • Dickon. (2020). “Profil Negara Honduras”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-honduras/
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Honduras”. https://semutaspal.com/honduras/
  • Dyah Ayu Pamela. (2023). “6 Fakta Menarik Honduras, Negara Amerika Tengah Tempat Reruntuhan Kota Kuno Suku Maya”. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5193783/6-fakta-menarik-honduras-negara-amerika-tengah-tempat-reruntuhan-kota-kuno-suku-maya
  • Kembang Pete. (2014). “Profil Lengkap Negara Honduras”. https://www.kembangpete.com/2014/08/21/profil-lengkap-negara-honduras/

*Penulis: Nabila Salsa Bila