Profil Negara Kolombia

Kolombia merupakan negara yang berada di barat laut Amerika Selatan yang memiliki hutan lebat. Bahkan, sekitar 72% wilayahnya berupa kawasan hutan. Kolombia menempati posisi ke-26 sebagaai negara terbesar di dunia dan urutan ke-4 terbesar di Amerika Selatan (setelah Brasil, Argentina, dan Peru). 

Sedangkan di Amerika Latin, Kolombia menempati posisi ke-3 sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak setelah Brasil dan Meksiko. Kolombia merupakan negara dengan kekuatan menengah dengan populasi terbesar kedua yang berbahasa Spanyol setelah Meksiko.

Setelah mengetahui informasi di atas, yuk coba simak informasi lengkap profil negara Kolombia berikut. 

Profil Negara Kolombia

A. Karakteristik Negara Kolombia

Nama Resmi: Republik Kolombia
Nama Lokal: Republica de Colombia (Spanyol)
Semboyan Negara: Libertad y Orden (Kebebasan dan Ketertiban)
Lagu kebangsaan: Himno Nacional de la Republica de Colombia

Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Presiden

Badan Legislatif: Kongres (Senado + Camara de Representates)
Hari Kemerdekaan: 20 Juli 1810
Jumlah Penduduk: 49.084.841 (estimasi Juli 2020)
Suku Bangsa: Mestizo dan kulit putih 84.2%, Afor-Colombian (termasuk Mulatto, Raizal, dan Palenquero) 10.4%, Amerindian 3.4%, dan etnis lainnya 2%.

Mata Uang: Peso Kolombia (COL$) (COP)
Kode Telepon: +57

B. Sejarah Berdirinya Kolombia

Sejak 12.000 SM Kolombia sudah dihuni oleh masyarakat adat termausk Muisca, Quimbaya, dan Tairona. Orang Spanyol yang pertama kali mendarat di La Guanjira pada 1499 dan pertengahan abad ke-16 menjajah wilayah tersebut dan mendirikan kerajaan baru Granada dengan Santafe de Bogota sebagai ibu kota.

Pada 1819, Kolombia memperoleh kemderkaan dari Kekaisaran Spanyol. Saat itu, Kolombia muncul sebagai Provinsi Persatuan Granada Baru. Negara ini kemudian bereksperimen dengan federalism sebagai Konfederasi Granadine (1858), Amerika Serikat Kolombia (1863), dan terakhir Republik Kolombia pada 1886.

C. Peta Negara Kolombia

Luas wilayah Kolombia adalah 1.138.910 km persegi. Kolombia merupakan negara berdaulat yang sebagian besar wilayahnya berada di daratan Amerika Selatan. Negara ini memiliki beberapa pulau lepas pantai.

Kolombia telah menetapkan batas maritim dengan negara-negara tetangga melalui tujuh perjanjian Laut Karibia dan tiga perjanjian Samudera Pasifik. Letak astronomis negara ini adalah di antara 12°LU hingga 4°LS dan 67°BB hingga 79°BB.

Batas-batas wilayah Kolombia adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Jamaika, Haiti, dan Dominika
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Ekuador dan Peru
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Peru
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Venezuela dan Brasil

D. Pembagian Wilayah Administratif Kolombia

Kolombia terbagi menjadi 32 departemen dan satu distrik ibu kota dengan status departemen (Bogota juga merupakan ibu kota dari Departemen Cundinamarca). Departemen di bagi lagi menjadi kota dan kota pada gilirannya dibagi lagi menjadi corregimientos di pedesaan dan menjadi komune di perkotaan. 

Tiap departemen memiliki pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang gubernur dan majelis terpilih dengan masa jabatan selama empat tahun. Setiap kota dipimpin oleh seorang walikota bersama dengan dewan.

Selain ibu kota, empat kota lainnya ditetapkan sebagai distrik (pada dasarnya kota khusus) berdasarkan fitur khusus yang membedakan. Empat kota tersebut yaitu Barranquilla, Cartagena, Santa Marta, dan Buenaventura.

Selain itu, beberapa departemen juga memiliki subdivisi administrasi lokal pada daerah dengan populasi yang cukup besar dan kota yang berdekatan satu sama lain (misalnya di Antioquia dan Cundinamarca). 

Departemen yang ada di Kolombia antara lain Amazonas, Antioquia, Arauca, Atlantico, Bolivar, Boyaca, Caldas, Caqueta, Canasare, Cauca, Cesar, Choco, Cordoba, Cundinamarca, Guainia, Guaviare, Huila, La Guanjira, Magdalena, Meta, Narino, Norte de Santander, Putumayo, Quindio, Risaralda, (San Andres, Providencia, dan Santa Catalina), Santander, Sucre, Tolima, Valle del Cauca, Vaupes, Vichada, dan Bogota.  

E. Bendera dan Lambang Negara Kolombia

Bendera Negara Kolombia

Bendera Kolombia dibingkai dalam sebuah persegi panjang yang dibagi secara horizontal dengan warna kuning, biru, dan merah. Perbandingan ketiga warna tersebut yaitu 2:1:1.

Bagian atas bendera berwarna kuning melambangkan orang-orang yang menginginkan dan mencintai federasi. Warna biru sebagai kiasan laut yang memisahkan wilayah kuk Spanyol. Sedangkan warna merah menandakan sumpah yang menunjukkan preferensi perang daripada jatuh lagi di bawah kekuasaan Spanyol.

Deskripsi pertama mengenai interpretasi yang diberikan pada warna-warna bendera Kolombia diberikan pada 1819 oleh Kongres Angostura. Orang pertama yang menggambarkan arti bendera adalah Francisco Antonio Zea.

Lambang Negara Kolombia
Foto: commons.wikimedia.org

Lambang negara Kolombia adalah burung Condor Andean selaku burung nasional Kolombia. Burung ini bertengger di perisai dengan memegang mahkota zaitun. Bendera nasional Kolombia juga tersampir di kedua sisi perisai dengan moto Negara “Libertad y Orden” (kebebasan dan ketertiban) tertulis di gulungan.

Lambang negara ini juga berisi dua samudera dan dua kapal yang melambangkan perdagangan Kolombia. Topi Frigia melambangkan kebebasan dan kemerdekaan. Terdapat juga dua tanduk kelimpahan. Satunya buah-buahan tropis dan satunya emas perak yang melambangkan kekayaan pertanian dan mineral Kolombia. Buah delima melambangkan masa lalu kolonial Kolombia. 

F. Kondisi Geografis Kolombia

Secara geografis, wilayah Kolombia dibagi menjadi enam wilayah dengan karakteristik yang unik. Wilayah tersebut berupa Pegunungan Andes, wilayah Pesisir Pasifik, wilayah Pesisir Karibia, Llanos, wilayah hutan hujan Amazon, hingga daerah insular yang terdiri dari pulau-pulau di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Kolombia berbatasan dibentuk oleh dua lempeng yaitu Lautan Pasifik dan Laut Karibia dengan area seluas 828,660 km². lempeng kedua terbentuk oleh Pegununga Andes dan Lempeng Llanos.

Kolombia menjadi salah stau dari tujuh belas negara megadiverse di dunia dan memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia. 

G. Kondisi Ekonomi Kolombia

Kolombia menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di kawasan Amerika Latin setelah Brasil, Meksiko, dan Argentina. Kolombia memiliki potens pasar besar dengan jumlah penduduk terbesar ketiga setelah Brasil dan Meksiko.

Potensi unggulan di Kolombia seperti migas, pertambangan, dan pertanian. Sumber daya alam Kolombia terdiri dari minyak bumi, batu bara, emas, batu zamrud yang mewakiliki 95% produksi dunia, hasil pertanian (kopi, bunga potong, tebu, gula), dan peternakan sapi.

  1. Produk Domestik Bruto: 271,3 miliar USD (2020) (Bank Dunia)
  2. PDB per kapita: 5.332.77 USD (2020) (Bank Dunia)
  3. Tingkat pertumbuhan PDB: -6,8% perubahan tahunan (2020) (Bank Dunia)
  4. PNB per kapita: 14.280 dolar PPP (2020) (Bank Dunia)
  5. Pendapatan Nasional Bruto: 726,4 miliar dolar PPP (2020) (Bank Dunia)
  6. Pengguna internet: 65,0% dari populasi (2019) (Bank Dunia)
  7. Sumber daya alam: Minyak bumi, batu bara, emerald, kopi, nikel, bunga potong, pisang, dan pakaian apparel.
  8. Tingkat Pengangguran: 7,5% (Nov, 2016)
  9. Total Ekspor: USD 31,04 miliar (2016)
  10. Komoditas Ekspor: batu bara, minyak bumi, emas, emerald, dan kopi.
  11. Mitra Ekspor:USA (27,6%), Panamá (6,7%),China (6,3%), Spanyol (4,4%), Belanda (4,2%), dan Ekuador. (4,0%).
  12. Total Impor: USD 42,84 miliar (2016)
  13. Komoditas Impor: Refined Oil (14,3%), Airships Sorts (7,1%), Tourism Vehicles (6,5%),Telephones (6,5%), Dosified Medicine(4,0%), dan Automatic Machines (3,8%).
  14. Mitra Impor: USA (28.7%), China (18.6%), Mexico(7.1%), Jerman (4.2%), Brazil (3.9%), dan Prancis (3.5%)
  15. Cadangan devisa & emas: $46.08 billion (31 December 2016)
  16. Hutang Luar Negeri: $110.9 billion (31 December 2016)
  17. Nilai tukar Mata Uang: Peso Kolombia (COP) $ 2.872 per dolar AS (Mei 2017)

H. Sistem Pemerintahan Kolombia

Kolombia merupakan negara kesatuan berbentuk republik sesuai dengan Konstitusi 1991 yang menggantikan Konstitusi 1886. Konstitusi 1991 mengatur tentang tugas dan fungsi pemerintah pusat dan daerah dan lembaga-lembaga negara beserta hak dan kewajiban masing-masing lembaga.

Pembagian kekuasaan di Kolombia terbagi menjadi tiga yatu eksekutif, legislatif, dan yudikatif dengan lembaga kontrol dan lembaga pemilihan khusus. Presiden Kolombia memiliki hak eksekutif tertinggi yang berperan sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, dan kekuasaan administratif yang diikuti oleh wakil presiden dan kementerian Kolombia.

I. Agama Penduduk Kolombia

Berdasarkan berbagai penelitian dan survei disebutkan bahwa sekitar 90% populasi penduduk Kolombia menganut agama Kristen Roma. Sementara agama minoritasnya aadalah Protestan terutama Evangelikalisme.

Sekitar 4.7% populasi memilih ateis atau agnostik. Sedangkan 3.5% menagku percaya akan adanya Tuhan akan tetapi memilih untuk tidak menganut agama manapun.

1.8% populasi Kolombia merupakan bagian dari Saksi-Saksi Yehuwa dan Adventisme dan kurang dari 1% populasi beragama lain seperti Islam, Yahudi, Buddha, Mormon, Hindu, agama Pribumi. Hare Krishna, Rastafari, Gereja Katolik Ortodoks, dan studi spiritual.

J. Bahasa Resmi Kolombia

Sebanyak 90.2% populasi Kolombia menggunakan bahasa Spanyol yang disebut Kastilia. Sedangkan 6% populasi menggunakan bahasa Amerindian, dua kreol, bahasa Romani, dan bahasa Isyarat Kolombia.

Bahasa Inggris memiliki status sebagai bahasa resmi di Kepulauan San Andres, Providencia, dan Santa Catalina.

K. Fakta-Fakta Menarik Kolombia

  1. Nama Kolombia merupakan nama yang diberikan oleh Christopher Colombus yang merupakan penjelajah dunia. Kemudian nama Kolombia pertama kali diperkenalkan oleh evolusioner Venezuela, Francisco de Miranda sebagai penegasan kepada dunia luar akan adanya dunia baru di bawah kekuasaan Spanyo. 
  2. Sekitar 72% kawasan Kolombia berupa hutan.
  3. Tahun 2016, Kolombia terpilih menjadi negara paling bahagia di dunia. Faktor yang mempengaruhi kebahagiaan penduduknya adalah wilayah yang strategis, spot wisata yang indah, sepak bola sebagai pemersatu, banyak festival, serta banyak wanita-wanita cantik yang terkenal di dunia.
  4. Kolombia menjadi negara pertam ayang membuka perguruan tinggi atau Universitas Sex pada 2019. Pencetusnya yaitu bintang film Kolombia, Amaranta Hank. Universitas ini berada di Mederlyn Kolombia. Universitas ini memiliki kurikulum sendiri seperti kuliah, seminar, dan praktik produksi yang berkaitan dengan akting, penjualan, dan hal lain yang menyesuaikan industri ini. 

L. Hubungan Luar Negeri Kolombia dengan Indonesia

Hubungan diplomatik Indonesia dan Kolombia secara resmi dibuka pada 15 September 1980. Pada 1983, Kolombia membuka Kedutaan Besar di Jakarta dengan Duta Besarnya Tn. Antonio Bayona Ortiz. Indonesia membuka Kedutaan Besar di Bogota pada 16 Juni 1989 dengan mengangkat Trenggono sebagai Duta Besar LBBP RI yang pertama.

Pada 2020, tepat 40 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kolombia. Oleh sebab itu, kedua negara berencana untuk meningkatkan kerja sama khusus dalam bidang perdagangan dan investasi.

Di sektor pertanian, Indonesia telah membangun kerja sama yang erat bidang kelapa sawit dan pengembangan riset komoditas kako. Bahkan kedua negara juga telah memiliki kerja sama teknis di berbagai bidang khususnya kelapa sawit.

Kolombia berpotensi sebagai pusat produk Indonesia di kawasan Amerika Latin dan Karibia. Sementara itu, Indonesia berpotensi menjadi pusat produk Kolombia di kawasan Asia Tenggara.

REFERENSI

  • Colombia. (2022). “Simbol Nasional Kolombia”. https://www-colombia-co.translate.goog/en/colombia-country/colombias-national-symbols/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Thpanorama. (2022). “Bendera Kolombia Sejarah dan Arti Warna”. https://id.thpanorama.com/articles/cultura-general/bandera-de-colombia-historia-y-significado-de-sus-colores.html
  • Gain N. Nurwahyudin. (2022). “Buku Informasi Negara Republik Kolombia”. 
  • Deddy Setiawan. (2022). “7 Fakta Kolombia, Ada Universitas Seks”. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1474882-7-fakta-kolombia-ada-unversitas-seks?page=3
  • Dickson. (2017). “Profil Negara Kolombia”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kolombia-colombia/
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Kolombia”. https://semutaspal.com/kolombia/

*Penulis: Nabila Salsa Bila