Profil Negara Uruguay

Kata Uruguay dalam suku Guarani diartikan sebagai “sungai siput”. Sebuah kalimat yang terdiri dari kata “urugua” yang artinya siput dan “y” yang artinya sungai. Namun, terdapat pendapat lain yang mengatakan bahwa artinya sungai burung. Hal ini dikarenakan di Uruguay banyak terdapat jenis burung yang berwarna-warni.

Yuk coba simak penjelasan lengkap mengenai profil negara Uruguay, berikut ini. 

Profil Negara Uruguay

A. Profil Negara Uruguay

Nama Resmi: Republik Oriental Uruguay
Nama Lokal: Republica Oriental del Uruguay (Spanyol)
Ibu Kota: Montevideo
Semboyan Negara: Libertad o Muerte (Kebebasan atau Kematian)

Lagu Kebangsaan: Himno Nacional de Uruguay
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Hari Kemerdekaan: 25 Agustus 1825
Badan Legislatif: Majelis Umum (Camara de Senadores + Camara de Representates)
Jumlah Penduduk: 3.427.000 (estimasi 2022)

Suku Bangsa: Etnis kulit putih 88%, Mestizo 8%, dan kulit hitam 4%
Mata Uang: Peso Uruguay ($U) (UYU)
Kode Telepon: +598

B. Sejarah Berdirinya Uruguay

Kota Montevideo yang menjadi ibu kota Uruguay pada 1726 awalnya merupakan benteng militer Spanyol yang kemudian berkembang menjadi Pelabuhan komersil yang penting di kawasan Amerika Selatan.

Uruguay berhasil melepaskan diri dari Spanyol pada 1811. Akan tetapi, kemudian dicaplok oleh Brasil pada 1821. Selang empat tahun kemudian, Uruguay pun berhasil memperoleh kemerdekaan dari Brasil pada 25 Agustus 1825. Uruguay baru diakui secara penuh pada 1828.

C. Peta Negara Uruguay

Uruguay merupakan sebuah negara berdaulat yang terletak di tenggara Amerika Selatan. Negara ini menjadi negara terkecil kedua di Amerika Selatan setelah Suriname. Luas wilayah Uruguay adalah 318.413 Km2 dengan rincian kawasan darat adalah 176.215 km2 dan kawasan laut adalah 125.057 Km2

Secara astronomis, Uruguay terletak di antara 30°LS hingga 40°LS dan 50°BT hingga 60°BT. Montevideo adalah ibu kota paling selatan di Amerika dan yang ketiga paling selatan di dunia (kalah dari Canberra, Australia dan Wellington, dan Selandia Baru).

Berikut adalah batas-batas wilayah Uruguay, antara lain:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Brasil
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Rio de la Plata
  • Sebelah barat berbatasan dengan Argentina
  • Sebelah timur berbatasan dengan Brasil dan Samudera Atlantik

D. Pembagian Wilayah Administratif Uruguay

Uruguay terbagi menjai 19 departemen yang pemerintahan lokalnya mereplikasi kekuasaan eksekutif dan legislatif. Departemen memilih otoritas seara mandiri menggunakan sistem hak pilih universal. Otoritas eksekutif departemen berada di tangan inspektur dan otoritas legislative di tangan dewan departemen.

Uruguay terbagi menjadi 19 departemen yaitu Artigas, Canelones, Cerro Largo, Colonia, Durazno, Flores, Florida, Lavalleja, Maldonado, Montevideo, Paysandu, Rio Negro, Rivera, Rocha, Salto, San Jose, Soriano, Tacuarembo, dan Treinta y Tres. 

E. Bendera dan Lambang Negara Uruguay

Bendera Negara Uruguay

Bendera Uruguay memiliki warna yang latar belakangnya putih dengan garis-garis horizontal berwarna biru yang berjumlah empat. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat simbol matahari yang berwajah manusia.

Warna biru, putih, dan simbol matahari diambil dari bendera Argentina karena dulunya Urugua merupakan salah satu provinsi di Argentina. Garis putih dan biru yang Menyusun bendera berjumlah 9 dan garis tersebut melambangkan 9 provinsi Uruguay pada awal berdiri.

Matahari dengan Sol de Mayo yang berwajah manusia dan total 16 sinar yang mengelilinginya merupakan lambang pembebasan Uruguay dari Brasil.

Lambang Negara Uruguay
Foto via wikipedia.org

F. Kondisi Geografis Uruguay

Lanskap Uruguay didominasi oleh bergulir, perbukitan rendah (cuchillas), dan pesisir yang subur. Uruguay memiliki setidaknya 660 km garis pantai yang menghadap ke Samudera Atlantik. Tak hanya itu, negara ini juga memiliki taman nasional yang terdiri dari lima lahan basah sebelah timur, tiga di perukitan tengah, dan satu di sepanjang Rio Uruguay.

G. Kondisi Iklim Uruguay

Uruguay memiliki empat musim. Suhu terendah dan tertinggi pada musim panas di Montevideo adalah 28 °C y 17 °C, sedangkan pada musim dingin di Montevideo adalah 14 °C y 6 °C.

H. Kondisi Ekonomi Uruguay

Menurut data Bank Dunia, Uruguay cukup menonjol di Amerika Latin sebagai negara yang memiliki masyarakat egaliter dan pendapatan per kapita yang tinggi, tingkat kesenjangan dan kemiskinan yang rendah dan hampir tidak adanya kemiskinan yang ekstrim

Jumlah Produk Domestik Bruto (PB) adalah USD 59.32 miliar pada 2021 dengan PD per kapita adalah 17.313 (2021). Kekuatan utama industri dan ekspor Uruguay adalah pertanian dan peternakan seperti kedelai dan daging sapi.

Bahkan beberapa provinsi di Uruguay juga memiliki industri unggulan seperti Montecideo (pusat bisnis, pertanian, dan kimia), Canelones (agribisnis, anggur, dan marmer), Maldonado (agribisnis dan marmer), Colonia (produk susu dan kertas), Paysandu (agribisnis dan sitrus), San Jose (agribisnis, kentang, dan pupuk), Rio Negro (agribisnis, produk susu, dan anggur), Rivera (agribisnis, mineral, dan peternakan), serta Salto (agribisnis dan sitrus).

Uruguay merupakan negara yang memiliki ekonomi pasar bebas dengan tenaga kerja yang terdidik, berorientasi ekspor di sektor pertanian, dan memiliki tingkat pengeluaran sosial yang tinggi. 

I. Sistem Pemerintahan Uruguay

Sistem Pemerintahan Uruguay adalah republik presidensil dimana kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden. Presiden dan wakil presiden Uruguay dipilih secara angsung oleh rakyat dengan masa jabatan selama lima tahun.

J. Agama Penduduk Uruguay

Uruguay tidak memiliki agama resmi dalam konstitusi sehingga negara ini menjamin kebebasan beragama penduduknya. Para pengamat politik menganggap bahwa Uruguay sebagai negara paling sekuler di benuanya.

Berdasarkan survei, sekitar 45.7% populasi penduduk Uruguay menganut agama Katolik, 9% beragama Protestan, 0.6% beragama Animisme atau Umbanda (agama Afro-Brasil), dan 0.4% beragama Yahudi.

Sekitar 30.1% penduduknya percaya akan adanya Tuhan akan tetapi memilih untuk tidak beragama manapun. Sekitar 14% penduduknya ateis atau agnostik. 

K. Bahasa Resmi Uruguay

Bahasa Spanyol Uruguay mengalami beberapa modifikasi karena banyaknya imigran Italia. Hal ini hampir sama dengan yang terjadi di Argentina dimana negara ini menggunakan voseo dan yeismo (dengan [ʃ] atau [ʒ]).

Selain itu, bahasa Inggris dipakai untuk bisnis dan pendidikan. Bahasa Inggris meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terkahir terutama di kalangan muda.

Bahasa Portugis Uruguay dituturkan sebagai bahasa ibu oleh 15% populasi di wilayah utara dekat perbatasan Brasil. Campuran bahasa antara bahasa Spanyol dan Portugis dinamakan Portunol yang dituturkan oleh orang-orang di perbatasan Brasil.

Dialek lisan yang eksis di Urugauy adalah bahasa Patois. Bahasa ini merupakan campuran bahasa Perancis dan Italia. Dialek ini banyak digunakan di Departemen Colonia.  

L. Fakta-Fakta Menarik Uruguay

  1. Uruguay disebut sebagai negara sejahtera pertama di Amerika Selatan. Hal ini dikarenakan negara ini maju di bidang pendidikan, kesehatan, dan keamanan sosial.
  2. Pemerintah Uruguay memberikan fasilitas berupa laptop untuk anak sekolah dasar. Berdasarkan data, terdapat sekitar 362 ribu murid sekolah dasar yang mendapat laptop. Tak hanya itu, biaya anggaran laptop ini hanya menghabiskan sekitar 5% dari anggaran pendidikan Uruguay.
  3. Uruguay menjadi salah satu negara yang membuat perubahan paling nyata dalam mengalihkan penggunaa sumber energi tak terbarukan menjadi tak terbarukan. Uruguay bahkan mengimpor listrik ke Argentina dan Brasil senilai USD 85 juta (Rp. 1.1 triliun). Sekitar 60% sumber energi terbarukan Uruguay adalah air, sisanya angin dan bio solar.
  4. Uruguay menjadi negara pertama yang melegalkan ganja. Kebijakan ini berupa ganja hanya dapat dibeli di apotek dan setiap orang yang memiliki izin hanya diperbolehkan untuk membeli 10 gram per minggu.
  5. Lagu kebangsaan Uruguay menjadi lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Lagu ini memiliki jumlah 150 bar musik. Jika dinyanyikan, lagu ini memakan waktu sekitar 6 menit.
  6. Uruguay menjadi negara pertama penyelenggara piala dunia sepak bola. Piala dunia ini dilakukan pada 1930. Saat itu, Uruguay berhasil mengalahkan Argentina 4-2 di babak final. 

M. Hubungan Luar Negeri Uruguay dengan Indonesia

Pada 11 Oktober 2016, terjadi penandatangan perjanjian antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Uruguay dalam perjanjian kerja sama ekonomi dan teknis di bidang perdagangan, investasi, pertanian, pariwisata, dan usaha mikro kecil dan menengah.

Penandatanganan ini dilakukan dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Uruguay, Rodolfo Nin Novoa di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

Dalam kunjungan ke Indonesia, Menlu Uruguay juga akan menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) pada 12 Oktober 2016. Saat itu, pemerintah Uruguay membawa lima pengusaha yang bergerak di sektor “multi product” dan dekorasi rumah. 

Urugauy menjadi salah satu pintu masuk produk unggulan Indonesia ke pasar Amerika Selatan khususnya produk perabot, kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan, dan produk siap pakai.

Ekspor utama Indonesia ke Uruguay adalah besi, baja, alumunium, alas kaki, coklat, pupuk, margarin, minyak nabati, buah, kacang, platik, bahan kimia, dan kertas.

Impor utama Indonesia dari Uruguay adalah pulp, kertas, minyak nabati, pakan ternak, tabung, pipa, besi baja, jagung, buah, kacang, gandum, kulit, dan pewarna sintetis. 

REFERENSI

  • Sarang Tawon. (2016). “Makna Bendera Negara-Negara Amerika Selatan”. https://www.re-tawon.com/2016/03/makna-bendera-negara-negara-amerika.html
  • Guru Geografi. (2017). “Negara Uruguay”. https://www.geografi.org/2017/11/negara-uruguay.html
  • Dickson. (2017). “Profil Negara Uruguay”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-uruguay/
  • Kemlu RI. (2023). “Uruguay”. https://www.kemlu.go.id/buenosaires/id/pages/uruguay/2465/etc-menu
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi Negara Uruguay”. https://semutaspal.com/uruguay/
  • Peter Eduard. (2020). “Melegalkan Ganja dan Dapat Laptop Gratis, Ini 7 Fakta Unik Uruguay”. https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-unik-uruguay-c1c2?page=all
  • Martin Sihombing. (2016). “Indonesia-Urugua Tanda Tangani Kerja Sama Ekonomi”. https://ekonomi.bisnis.com/read/20161011/9/591447/indonesia-uruguay-tanda-tangani-kerja-sama-ekonomi

*Penulis: Nabila Salsa Bila