Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Negara Brasil

Brasil merupakan negara dengan luasan terbesar di Amerika Selatan. Bahkan, Brasil menempati posisi kelima sebagai negara terbesar di dunia. Luas wilayah negara ini mencapai 8.515.770 km2. Nama negara ini diambil dari nama kayu Brasil yaitu Brazilwood yang banyak tumbuh dan menjadi kayu nasional.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai Brasil mulai dari karakteristik hingga hubungan luar negerinya dengan Indonesia. Simak ya.

Profil Negara Brasil

A. Karakteristik Negara Brasil

Nama Resmi: Republik Federasi Brasil
Nama Lokal: Republica Federative do Brasil (Portugis), Respublica Foederativa Brasiliae (Latin), dan Federative Republic of Brazil (Inggris)
Ibu Kota: Brasilia
Semboyan Negara: Ordem e Progresso (Orde dan Kemajuan)

Lagu Kebangsaan: Hino Nacional Brasileiro (Lagu Kebangsaan Brasil)
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Ngera: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Kongres Nasional (Senado Federal + Camara dos Deputados)
Hari Kemerdekaan: 7 September 1822
Proklamasi Republik: 15 November 1889

Jumlah Penduduk: 215.755.000 (estimasi 23 Februari 2023)
Suku Bangsa: Etnis Putih 47.7%, Etnis Mulatto 9campuran etnis Putih dan etnis Hitam) 43.1%, Etnis Hitam 7.6%, Etnis Asia 1.1%, Etnis Asli 0.4%.
Mata Uang: Real (R$) (BRL)
Kode Telepon: +55

Bendera Negara Brasil
Bendera Negara Brasil

B. Luas dan Batas Wilayah Brasil

Luas wilayah Brasil adalah 8.515.767 km persegi. Negara ini terletak di bagian paling timur Amerika Selatan.

Secara astronomis, Brasil terletak di antara garis lintang 6o LU dan 34o LS serta garis bujur 28o dan 74o BB. Batas-batas wilayah Brasil antara lain:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guiana
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Uruguay dan Argentina
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Paraguay, Bolivia, Peru, dan Kolombia.

C. Pembagian Wilayah Administratif Brasil

Brasil berbentuk republik federasi yang terdiri dari 26 negara bagian dan satu distrik federal, serta 5.570 kotamadya. Negara bagian memiliki otonomi terbatas dalam pembuatan undang-undang dibandingkan yang ada di Amerika Serikat.

Negara bagian dan distrik federal dikelompokkan menjadi Utara, Timur Laut, Tengah-Barat, Tenggara, dan Selatan. Region tersebut hanya divisi goegrafis bukan divisi administratif. Meskipun demikian, region hanya berguna untuk keperluan statistik dan penentuan distribusi dana federal dalam proyek-proyek pembangunan.

Berikut adalah nama 26 negara bagian Brasil yaitu Acre, Alagoas, Amapa, Amazonas, Bahia, Ceara, Espirito Santo, Golas, Maranhao, Mato Grosso, Mato Grosso do Sul, Minas Gerais, Para, Paraiba, Parana, Pernambuco, Piaui, Rio de Janeiro, Rio Grande do Norte, Rio Grande do Sul, Rondonia, Roraima, Santa Catarina, Sao Paulo, Sergipe, dan Tocantins. Sedangkan distrik federal di Brasil adalah Brasilia.

D. Kondisi Geografis Brasil

Brasil berdaulat atas sejumlah kepulauan di lautan seperti Fernando de Noronha, Rocas Atoll, Saint Peter dan Paul Rocks, dan Trindade dan Martim Vaz.

Brasil menjadi negara terluas kelima di dunia dan ketiga di Amerika. Brasil terbagi atas empat zona waktu yaitu:

  • UTC -5: Negara bagian Acre dan bagian paling barat Amazonas
  • UTC -4: Brasil bagian barat
  • UTC -3: Brasil bagian timur (waktu nasional)
  • UTC -3: Kepulauan di Samudera Atlantik

Kondisi alam Brasil bervariasi mulai dari kawasan pesisir dekat Samudera Atlantik, hutan Amazon di bagian utara, dan semakin terbuka ke arah selatan dengan deretan bukit-bukit dan gunung kecil. Di bagian selatan menjadi pusat populasi dan agrikultur Brasil.

Terdapat beberapa pegunungan yang berada di pesisir Samudera Atlantik dengan ketinggian mencapai 2.900 meter. Puncak tertinggi Brasil berada di Pico da Neblina dengan ketinggian mencapai 2.994 meter.

Brasil juga memiliki beberapa sungai seperti Amazon, Parana, dan Iguacu yang memiliki air terjun Iguacu. Bahkan sungai Amazon menjadi sungai terpanjang kedua di dunia.

E. Kondisi Iklim Brasil

Brasil termasuk negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini dikarenakan letak negaranya berada di atas garis khatulistiwa. Meskipun demikian, di bagian selatan dari negara ini cenderung beriklim sedang yang terkadang turun salju.

Di kawasan hutan Amazon memiliki curah hujan yang sangat tinggo. Akan tetapi, di kawasan timur laut tergolong kering.

F. Kondisi Ekonomi Brasil

Perekonomian Brasil termasuk menjadi negara dengan ekonomi besar di Amerika Latin. Bahkan, Brasil menempati posisi ke8 dunia berdasarkan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Pada 2017, PDB yang dimiliki Brasil mencapi US$ 3,248 triliun dengan pendapatan per kapita US$ 15.600.

Perekonomian Brasil berasal dari pertanian dengan hasilnya berupa kopi, tebu, gandum, beras, kakao, kacang kedelai, dan jagung.

Selain pertanian, sektor pendukung lainnya yaitu sektor industri. Industri utama di negara ini adalah timah, nikel, germstones, emas, batu bara, dan fosfat. 

G. Sistem Pemerintahan Brasil

Berdasarkan Kosntitusi Brasil, negara ini berbentuk Federasi dengan sistem pemerintahan presidensial. Dengan demikian, maka kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang presiden.

Konstitusi Brasil yang berlaku saat ini disahkan pada 5 Oktober 1988. Sebagai negara demokrasi, kekuasaan Brasil terbagi atas tiga lembaga yaitu Eksekutif (Presiden), Legislatif (Kongres), dan Yudikatif (Mahkamah Agung).

Parlemen Brasil dinamakan Kongres yang terdiri atas Senat dan DPR. Senat terdiri dari 81 anggota (Senator) dengan masa jabatan delapan tahun. DPR Brasil terdiri dari 513 anggota dengan masa jabatan empat tahun. Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh para anggota Senat dan DPR dipilih secara langsung melalui pemilu.

Mahkamah Agung beranggotakan 11 Hakim Tinggi. Anggota Mahkamah Agung ditunjuk oleh presiden. Sebelum diangkat secara resmi, masing-masing anggota harus melalui fit dan proper test di Senat. Anggota Mahkamah Agung pensiun saat mencapai umur 75 tahun.

Brasil memiliki 26 negara bagian dan satu Distrik Federal yang beribu kota di Brasilia-DF. Setiap negara bagian dan Distrik Federal dipimpin oleh seorang gubernur yang dipilih melalui pemilu. Dengan demikian jumlah gubernur di Brasil adalah 27 orang.

Masa jabatan Presiden, anggota DPR, dan gubernur adalah empat tahun. Selain itu, mereka dapat dipilih kembali untuk empat tahun berikutnya. Sedangkan untuk presiden hanya berhak dipilih selama 2 kali berturut-turut. 

H. Agama Penduduk Brasil

Mayoritas penduduk Brasil menganut agama Katolik Roma. Brasil merupakan negara dengan populasi umat Katolik terbesar di dunia menurut Sensus Demograsi 2000.

Pembagian agama di Brasil antara lain:

  1. Katolik Roma sebesar 73.57% populasi
  2. Protestan sebesar 15.41% populasi
  3. Kardisisme spiritisme sebesar 1.33% populasi
  4. Denominasi Kristen lain sebesar 1.22% populasi
  5. Afro-Brazil sebesar 0.31% populasi
  6. Buddha sebesar 0.13% populasi
  7. Yudaisme sebesar 0.05% populasi
  8. Islam sebesar 0.02% populasi
  9. Amerindian sebesar 0.01% populasi
  10. Agama lain sebesar 0.59% populasi
  11. Ateis sebesar 7.35% populasi

I. Bahasa Resmi Brasil

Berdasarkan Pasal 13 Konstitusi Republik Federal Brasil menyatakan bahwa bahasa resmi Brasil adalah Portugis. Bahasa Portugis memiliki perkembangannya sendiri. Sebagian besar bahasa Portugis Brasil mirip dengan dialek Tengah dan Selatan Eropa Tengah pada abd ke-16 dengan sedikit kombinasi pengaruh dari bahasa Amerindian dan Afrika Barat.

Barat menjadi satu-satunya negara yang menggunakan bahas Portugis sebagai bahasa resmi di Amerika. Selain itu, bahasa ini juga menjadi bagian penting dari indentitas nasional Brasil dan memberinya budaya nasional yang berbeda dengan negara-negara tetangga yang menggunakan bahasa Spanyol.  

J. Fakta Menarik Brasil

  1. Brasil memiliki kawasan yang cukup luas yang meliputi bagian utara, tengah, dan timur Amerika Selatan. Panjang dari utara hingga selatan adalah 4.319 km dan membentang dari timur ke barat sejauh 4.328 km.
  2. Kopi Brasil menguasai sekitar 25% pasar kopi dunia. Oleh sebab itu, tidak heran jika negara ini dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar pertama di dunia.
  3. Hutan Amazon menjadi hutan terbesar di dunia dan sering mengalami kebakaran hutan. Kebakaran hutan terbesar yang terjadi yaitu di tahun 2019.
  4. Brasil menjadi tempat tinggal penduduk Jepang terbanyak di dunia.
  5. Objek wisata terkenal di Brasil adalah Favela. Objek wisata ini merupakan penyebutan daerah kumuh dan perilaku masyarakat yang kurang baik. Salah satunya berada di Rio de Jainero.

K. Hubungan Luar Negeri Brasil dengan Indonesia

Indonesia dan Brasil menjalin hubungan diplomatik pada 1953. Terjadinya hubungan bilateral keduanya karena adanya kesamaan kebijakan luar negeri yang mengutamakan mekanisme multilateral dalam penanganan berbagai masalah internasional untuk memperkuat hubungan dan koordinasi dalam kerja sama bilateral, regional, dan multilateral.

Selain itu, Indonesia dan Brasil juga memiliki kesamaan dalam berbagai isu regional dan multilateral, usaha penegakan demokrasi, dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Brasil menilai Indonesia sebagai negara yang memiliki peran penting bagi stabilitas kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Selain itu, Pemerintah Brasil juga mendukung integritas wilayah NKRI dan langkah-langkah reformasi yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam pemajuan HAM dan demokrasi.

Kedua negara melalui kepala negara juga sering melakukan kegiatan kunjungan. Kunjungan ini memiliki arti tersendiri bagi peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Brasil. Hal ini dikarenakan pada 2023, hubungan kedua negara memasuki usia 70 tahun.

Kunjungan tersebut memberikan dampak positif bagi peningkatan dan memperkuat kerja sama Indonesia dan Brasil baik dalam forum multilateral maupun bilateral sehingga dapat terciptanya peningkatan kerja sama khususnya dalam bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta promosi citra Indonesia di Brasil.

Pada 18 November 2019 terjadi penandatanganan strategis Indonesia dan Brasil saat kunjungan resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Brasil. Selain itu, pada 14-16 Oktober 2009 dilakukan sidang ke-1 komisi bersama Indonesia-Brasil yang khusus membahasa Rencana Aksi dari kemitraan Strategis yang telah disepakati sebelumnya.

REFERENSI

  • Dickson. (2020). “Profil Negara Brasil (Brazil)”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-brasil-brazil/
  • Kemlu RI. (2023). “Brazil”. https://kemlu.go.id/brasilia/id/read/brazil/1397/etc-menu
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Brasil atau Brazil”. https://semutaspal.com/brasil/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Brazil: Karakteristik, Penduduk, dan Ekonominya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-brazil

*Penulis: Nabila Salsa Bila