Profil Negara Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent dan Grenadine merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Karibia. Seperti negara yang terletak di Karibia umumnya, negara ini juga berbentuk kepulauan yang ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. 

Christopus Columbus memberi nama pulau ini Saint Vincent Saragossa. Pulau-pulau kecilnya berasal dari kota Granada yang terletak di Spanyol. Sebelum kedatangan orang-orang Spanyol, penduduk asli Caribs Saint Vincent menyebut pulau tempat tinggal mereka dengan nama Youloumin. Penamaan ini ditujukan untuk menghormati Youlouca yaitu roh Pelangi yang berada di pulau tersebut.

Berikut adalah informasi lengkap mengenai profil negara Saint Vincent dan Grenadine. Simak ya.

Profil Negara Saint Vincent dan Grenadine

A. Karakteristik Negara Saint Vincent dan Grenadine

Nama Resmi: Saint Vincent and the Grenadines
Ibu Kota: Kingstwon
Semboyan: Pax et Justitia (Kedamaian dan Keadilan)
Lagu Kebangsaan: Saint Vincent, Land so Beautiful

Bentuk Pemerintahan: Monarki Konstitusional
Sistem Pemerintahan: Konstitusional
Kepala Negara: Raja
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri

Badan Legislatif: House of Assembly
Hari Kemerdekaan: 27 Oktober 1979
Jumlah Penduduk: 101.390 (estimasi Juli 2020)
Mata Uang: Dolar Karibia Timur (EC$) (XCD)

Kode Telepon: +1784

Bendera Negara Saint Vincent dan Grenadine
Bendera Negara Saint Vincent dan Grenadine

B. Sejarah Berdirinya Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent merupakan bagian dari kepulauan Windward, wilayah yang berada di selatan Antilles kecil di Hindia Barat, yang dijajah pada 1762. Pada 1779 Perancis berhasil merebut dan dikembalikan kepada Inggris pada 1783.

Pulau-pulau yang sebelumnya merupakan bagian dari koloni Inggris di Kepulauan Windward dari 1871-1958 berhasil memperoleh kemerdekaannya pada 1979.

C. Luas dan Batas Wilayah Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent dan Grenadine merupakan negara yang berbentuk kepulauan dengan pulau terbesar adalah pulau Saint Vincent seluas 344 km persegi. Negara ini juga memiliki pulau kecil yang dinamakan dengan Granadine yang jika ditotal keseluruhan maka luasnya menjcapai 45 km persegi.

Secara astronomi, wilayah Sait Vincent dan Granadine terletak di antara garis lintang 13o 15’ LU dan garis bujur 61o 12’BB. Sedangkan batas-batas wilayah dari negara ini adalah:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Saint Lucia
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik
  • Sebelah timur berbatasan dengan Barbados
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik

D. Pembagian Wilayah Adminitratif Saint Vincent dan Grenadine

Secara administratif, Saint Vincent dan Granadine dibagi menjadi enam paroki. Lima parokinya berada di Saint Vincent dan satunya berada di kepulauan Grenadine. Ibu kota negara ini yaitu Kingstwon berada di Paroki Saint George.

Jumlah pulau yang dimiliki Saint Vincent dan Grenadine adalah 32 pulau. Diantara 32 pulau tersebut, hanya terdapat 9 pulau yang dihuni oleh penduduk. 

Pulau-pulau tersebut yaitu Saint Vincent, Pulau Muda, Mustique, Bequia, Pulau Union, Canouan, Petit Saint Vincent, Palm, dan Mayreau.

E. Kondisi Geografis Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent dan Grenadine terbagi menjadi dua bagian pulau utama. Pulau pertama yaitu Saint Vincent yang panjangnya sekitar 18 km dan lebar 11 km. bagian kedua adalah kepulauan Grenadine yang di dalamnya berupa pulau-pulau kecil yang terbentang dari utara hingga selatan sejauh 60.4 km.

Hampir sebagian daratan yang dimiliki Saint Vincent dan Grenadine berupa gunung berapi yang aktif, salah satunya Gunung La Soufriere. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 1.234 meter di atas permukaan laut.

F. Kondisi Iklim Saint Vincent dan Grenadine

Saint Vincent dan Grenadine termasuk ke dalam negara dengan iklim tropis. Suhu udara rata-rata di negara ini mencapai 18 hingga 31 derajat celcius tergantung dari ketinggian tempat.

G. Kondisi Pereknomian Saint Vincent dan Grenadine

Perekonomian utama Saint Vincent dan Grenadine berasal dari pariwisata. Terlebih lagi, sejak Saint Vincent dan Grenadine menjadi lokasi pengambilan gambar salah satu film terkenal. Sejak itu, negara ini banyak dilirik investor untuk berinvestasi.

Selain pariwisata, sektor pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara. hasil pertanian utama di negara ini adalah pisang. Akan tetapi, ketergantungan akan pisang menjadi hambatan bagi negara ini karena banyak pulau di Saint Vincent dan Grenadine yang mengalami badai tropis yang merusak tanaman pisang.

Pendapatan negara lainnya juga didapat dari sektor keuangan lepas pantai kecil yang memberikan pelayanan bisnis internasional. Contoh layanan yang diberikan yaitu bursa saham dan aktivitas keuangan perantara.

H. Agama Penduduk Saint Vincent dan Grenadine

Mayoritas penduduk Saint Vincent dan Grenadine beragama Kristen dengan jumlah 81.5%, agama lain 6.7%, ateis 8.8%, dan tidak menyatakan agama 1.5%. 

Denominasi agama terbesar di Saint Vincent dan Grenadine adalah Anglikanisme yang dipeluk oleh 17.8% populasi, Pentakosta 17.6%, Methodis 10.9%, Advent Hari Ketujuh 10.2%, dan Baptis 10%.

Sedangkan untuk pembagian umat Kristiani terbagi menjadi Saksi-Saksi Yehuwa 0.6%, Katolik Roma 7.5%, Injili 2.8%, Gereja Tuhan 2.5%, Brethen Christian 1.3%, dan Salvation Army 0.3%.

I. Bahasa Resmi Saint Vincent dan Grenadine

Bahasa resmi Saint Vincent dan Grenadine adalah bahasa Inggris. Mayorits orang Vinsensius berbicara menggunakan kreol Vincentian.

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa untuk pendidikan, pemerintahan, dan agama. Sedangkan untuk kreol digunakan di situasi informal seperti di rumah dan melakukan komunikasi sehari-hari.

J. Fakta Menarik Saint Vincent dan Grenadine

  1. Salah satu pulau tidak berpenghuni di Saint Vincent dan Grenadine yaitu Petit Nevis. Pulau ini digunakan untuk memburu paus dengan punggung bengok. Bahkan salah satu suku asli yaitu Bequia, memperoleh izin untuk melakukan perburuan paus setiap tahunnya dibawah pengawasan International Whaling Commission (IWC) 
  2. Secara administratif, Saint Vincent dan Grenadine terbagi menjadi enam paroki. Lima diantaranya terletak di pulau utara Saint Vincent serta satu pulau sisanya di kepulauan Grenadine.
  3. Saint Vincent dan Grenadine memiliki pasir yang berwarna emas, hitam, dan putih. Pantai-pantai tersebut tersebar baik di pulau Saint Vincent maupun pulau Grenadine.
  4. Saint Vincent dan Grenadine memiliki kebun raya tertua di belahan bumi barat yang telah ada sejak tahun 1765. 
  5. Burung Nasional Saint Vincent dan Grenadine adalah Amazona Guildingii. 

K. Hubungan Luar Negeri Saint Vincent dan Grenadine dengan Indonesia

Pada 1 November 2011, terjadi penandatanganan perjanjian hibah bus sekolah. Penandantanganan ini dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, Imam Edy Mulyono dengan Duta Saint Vincent dan Grenadine untuk Venezuela, Andrea Wickham.

Pemberian hibah bus sekolah sebagai dukungan Indonesia kepada generasi muda Saint Vincent dan Grenadine yang menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga masa depan hubungan kemitraan baik secara bilateral maupun multilateral.

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2021). “Dukungan Indonesia bagi Para Pemuda Saint Vincent and Grenadines, Indonesia Hibahkan Bus Sekolah”. https://kemlu.go.id/portal/id/read/3116/berita/dukungan-indonesia-bagi-para-pemuda-saint-vincent-and-grenadines-indonesia-hibahkan-bus-sekolah
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Saint Vincent dan Grenadine: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-saint-vincent-dan-grenadine
  • Yosue Herbi. (2020). “Profil & Informasi Lengkap Negara Saint Vincent dan Grenadines”. https://semutaspal.com/saint-vincent-dan-grenadines/

*Penulis: Nabila Salsa Bila