Profil Negara Belize

Belize merupakan negara kecil yang terkecil yang berada di pesisir timur Amerika Tengah. Awalnya negara ini Bernama Honduras Britania pada 1972. Tak hanya itu, negara ini juga menjadi negara bekas jajahan Britania Raya selama kurang lebih satu abad.

Arti kata Belize dalam bahasa Spanyol berasal dari kata “Belice”. Sedangkan dari kata Maya bersumber dari kata “Belix” yang artinya air berlumpur. Arti ini mengacu pada Sungai Belize. 

Sejarah mengenai asal nama Belize hingga saat ini belum jelas. Akan tetapi, terdapat sebuah teori yang mengatakan bahwa nama Belize diturunkan dari pelafalan Spanyol untuk Wallace yang menjadi nama akhir dari bajak laut, pencipta pemukiman pertama di Belize (1638).

Berikut adalah informasi mengenai Belize mulai dari karakteristik, sejarah berdirinya, luas dan batas wilayah, pembagian wilayah administratif, kondisi geografis, kondisi perekonomian, agama, bahasa, fakta menarik, hingga hubungan luar negeri.

Profil Negara Belize

A. Karakteristik Negara Belize

Nama Resmi: Belize
Ibu Kota: Belmopan
Bentuk Pemerintahan: Monarki konstitusional
Sistem Pemerintahan: Konstitusional
Kepala Negara: Raja

Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Badan Legislatif: Majelis Nasional (Senate + House of Representative)
Semboyan: Sub Umbra Floreo (Di Bawah Bayangan Teduh Aku Berkembang)
Lagu Kebangsaan: Land of the Free
Hari Kemerdekaan: 21 September 1981

Jumlah Penduduk: 399.598 (estimasi Juli 2020)
Mata Uang: Dolar Belize (BZ$) (BZD)
Kode Telepon: +501

B. Luas dan Batas Wilayah Belize

Secara astronomis, Belize terletak di antara garis lintang 16o LU – 18o LU dan garis bujur 87o BB – 89o BB. Luas wilayah Belize adalah 22.960 km persegi. Belize menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang tidak memiliki garis pantai dari Samudera Pasifik.

Berikut adalah batas wilayah Belize yaitu:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Meksiko
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Guatemala
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Guatemala
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Karibia

C. Pembagian Wilayah Administratif Belize

Di tingkat kedua, Belize terdiri dari 31 daerah pemilihan. Pemerintah lokal memiliki empat jenis otoritas yaitu dewan kota, dewa kota kecil, dewan desa, dan dewan komunitas. 

Dua dewan kota (Belize dan Belmopan) dan tujuh dewan kota kecil mencakup populasi perkotaan negara. sedangan dewan desa dan komunitas mencakup populasi pedesaan

Berikut adalah keenaam distrik yang dimiliki Belize yaitu Belize, Cayo, Corozal, Orang Walk, Stann Creek, dan Toledo.

D. Kondisi Geografis Belize

Belize terletak di pesisir Karibia, Amerika Tengah. Di sebelah timur, terdapat terumbu penghalang terpanjang kedua di dunia yang mengapit 386 kilometer garis pantai. 

Wilayah utara negara ini didominasi dataran pantai yang datar dan berawa di beberapa tempat yang memiliki hutan lebat. Sedangkan bagian selatan berupa pegunungan rendah yaitu Pegunungan Maya. Titik tertinggi Belize berada di Doyle’s Delight dengan ketinggian 1.124 meter. 

Belize memiliki banyak aliran sungai. Aliran sungai yang cukup terkenal di negara ini seperti Sungai Hondo, Sarstoon, dan Belize

E. Kondisi Iklim Belize

Belize termasuk dalam negara yang memiliki iklim tropis dengan udara panas dan kering. Musim hujan terjadi pada bulan Mei hingga November. Bahkan saat sedang terjadi pergantian musim, negara ini kerap mengalami badai topan dan banjir.

F. Kondisi Perekonomian Belize

Sektor andalan Belize adalah pariwisata. Di tahun 2017, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari sektor pariwisata mencapai US$ 1,854 miliar dengan pendapatan per kapita mencapai US$ 8.300.

Selain pariwisata, sektor pertanian juga menyumbang pendapatan negara. hasil pertanian di negara ini yaitu gula, pisang, jeruk, dan berbagai hasil laut.

Mitra ekspor utama Belize adalah Inggris, Amerika Serikat, dan Nigeria. Ekspor utamanya adalah gula, pisang, jeruk, dan pakaian. Sedangkan untuk mitra impor utamanya adalah Amerika Serikat, Meksiko, dan Kubo. Impor utama negara ini adalah mesin, peralatan transportasi, barang-barang manufaktur, dan bahan bakar.

G. Sistem Pemerintahan Belize

Belize merupakan sebuah negara yang merdeka. Kemerdekaan negara ini diperoleh dari Inggris pada 1981. Sedangkan konstitusinya terakhir kali diratifikasi pada 1981.

Sistem pemerintahan yang dianut belize adalah demokrasi parlementer dan Monarki Konstitusional. Negara ini diperintah oleh gubernur jenderal sebagai perwakilan Ratu bersama dengan kabinet dan parlemen.

Saat ini, gubernur jenderal disana yaitu Colville Young Sr. Kemudian ia menunjuk perdana Menteri dan menunjuk kabinet dari partai mayoritas di parlemen untuk membentuk pemerintah.

Sejak relokasi ibu kota dari Belize ke Belmopam di tahuun 1970 setelah Badai Hattie, legislative dan pemerintah tetap di Belmopan. Legislatif terdiri dari dua rumah yaitu Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. Jangka waktu perwakilan di negara ini dibatasi hingga lima tahun. 

H. Agama yang Dianut Penduduk Belize

Berdasarkan sensus yang dilakukan pada 2010, mendapatkan hasil baha sebanyak 40,1% populasi penduduk Belize merupakan jemaat Gereja Katolik.

Berikut adalah pembagian agama yang dianut penduduk Belize, antara lain:

  1. Sebanyak 31,8% menganut agama Protestan (8,4% Pentakosta, 5,4% Advent, 4,7% Anglikan, 3,7% Mennonite, 3,6% Baptis, 2,9% Methodis, dan 2,8% Nazareme).
  2. 1,7% menganut Saksi-saksi Yehuwa
  3. 10,3% beragama lain (agama Maya, Garifuna, Obeah, Myalisme, Mormon, Hindu, Buddha, Muslim, dan Baha’i atau Rastafarian)

Gereja Ortodosk Yunani terdapat di Santa Elena. Agama Hindu banyak dianut oleh sebagian besar imigran India, meski beberapa diantara mereka ada juga yang orang Sikh.

Terdapat pula masjid di Misi Islam Belize yang juga dikenal sebagai Komunitas Muslim Belize. Selain itu, juga terdapat masjid Falah yang dibuka secara resmi pada 2008 di Kota Belize.

I. Bahasa yang Digunakan Penduduk Belize

Negara resmi Belize adalah bahasa Inggris. Negara ini menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Sekitar penduduk Belize menggunakan kreol berbasis bahasa Inggris yang disebut kreol Belize.

Kendati bahasa Inggris digunakan secara luas, akan tetapi banyak penduduk yang menggunakan kreol dalam dialog informal, formal, sosial, atau antar etnis, hingga pertemuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Sekitar 50% penduduk yang mengidentifikasikan dirinya sebagai Mestizo, Latino, atau hispanik dan 30% berbahasa Spanyol sebagai bahasa asli. “Spanyol Dapur” sebagai bentuk menengah bahasa Spanyol yang dicampur dengan kreol Belize. Bahasa ini banyak digunakan di kota-kota utara seperti Corozal dan San Pedro.

Sekitar 16.100 penduduk berbicara bahasa Garifuna yang berbasis di Arawakan, 6.900 Mennonit di Belize menggunakan bahasa Plautdietsch, sementara sebagian kecil orang Mennonit berbicara bahasa Jerman Pennsylvania. 

J. Fakta Menarik Belize

  1. Belize memiliki The Great Blue Hole yang berada di area Karang Belize yang menjadi salah satu daftar situs warisan dunia UNESCO tahun 1996. Tempat ini merupakan sebuah lubang besar yang berwarna biru sebagai lubang pembuangan laut terbesar di Laut Karibia.
  2. Belize menjadi salah satu negara tempat berdirinya Kerajaan Maya Kuno sejak ratusan tahun lalu.
  3. Ditemuykan lebih dari 900 situs suci dari reruntuhan Kerajaan Maya.
  4. Terdapat Cagar Alam Cockscomb dan Cagar Alam Jaguar yang menjadi satu-satunya cagar alam di dunia yang khusus untuk melestarikan jaguar.

K. Hubungan Luar Negeri Belize dengan Indonesia

  1. Belize dan Indonesia sepakat untuk membuka peluang investasi Indonesia ke Belize dan menekankan pentingnya penguatan kerja sama dalam bidang-bidang yang menjadi kepentingan kedua negara khususnya maritim.
  2. Belize memiliki keinginan untuk Menyusun perjanjian kerja sama bilateral di bidang pariwisata karena tingginya kontribusi sektor tersebut bagi perekonomian kedua negara.
  3. Belize mengakui pentingnya Archipelagic and Island States Forum (AIS Forum) yang digagas oleh Pemerintah Indonesia pada 2018 lalu melalui Deklarasi Manado sebagai bentuk inisiatif untuk menghadapi dampak perubahan iklim dan permasalahan terkait manajemen laut dan penyampaian komitmen pemerintahan baru Belize untuk kembali aktif dalam AIS Forum.

REFERENSI

  • Kemlun RI. (2021). “Pertemuan Virtual Indonesia-Belize Sepakatti Komitmen Peningkatan Hubungan Ekonomi”. https://kemlu.go.id/portal/id/read/2279/berita/pertemuan-virtual-indonesia-belize-sepakati-komitmen-peningkatan-hubungan-ekonomi
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil Negara Belixe”. https://semutaspal.com/belize/
  • Utamii. (2022). “Negara Belize, Sebuah Negara Kecil dengan Warisan Dunia”. https://www.plimbi.com/article/177904/negara-belize-sebuah-negara-kecil-dengan-warisan-dunia
  • Kamus Data. (2019). “Profil Singkat Negara Belize”. https://www.kamusdata.com/profil-singkat-negara-belize/
  • Ika Lestari. (2021)/ “Negara Belize: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-belize

*Penulis: Nabila Salsa Bila