Profil Negara Nikaragua

Nama Nikaragua berasal dari kata “Nicarao” yaitu sebuah nama suku yang terletak di pesisir Lago Nicaragua. Sedangkan kata “agua” dalam bahasa Spanyol memiliki arti air. Suku Nicarao berasal dari utara setelah jatuhnya Teotihuacan atas dasar anjuran dari pemuka agama.

Nikaragua terletak di benua Amerika, tepatnya di Amerika Tengah. Pada 23 Desember 1972, negara ini pernah mengalami gempa bumi dahsyat yang menewaskan 5.000 jiwa dan 20.000 orang terluka.

Berikut adalah informasi mengenai karakteristik, sejarah berdiri, luas dan batas wilayah, pembagian wilayah administratif, kondisi geografis, kondisi iklim, kondisi ekonomi, agama, bahasa, fakta menarik, dan hubungan luar negeri Nikaragua dan Indonesia. 

Profil Negara Nikaragua

A. Karakteristik Negara Nikaragua

Nama Resmi: Republik Nikaragua (Republic of Nicaragua)
Nama Lokal: Republica de Nicaragua
Bentuk Pemerintahan: Semi Republik Presidensil
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Asamblea Nacional
Ibu Kota: Managua
Jumlah Penduduk: 6.085.213 jiwa (estimasi 2018)
Hari Nasional: 15 September 1821 (dari Spanyol)

Hari Kemerdekaan: 31 Mei 1838
Lagu Kebangsaan: Salve a ti, Nicaragua (Hail to Thee, Nicaragua)
Semboyan: En Dios Confiamos (Pada Tuhan Kami Percaya)
Mata Uang: Cordoba (NIO)
Kode Telepon: +505

Bendera-Negara-Nikaragua
Bendera Negara Nikaragua

B. Sejarah Berdirinya Nikaragua

Dulunya, wilayah Nikaragua pernah ditaklukkan oleh kekaisaran Spanyol dan menjadi koloni Spanyol pada awal abad ke-16. Setelah itu, tahun 1821 Nikaragua berhasil memperoleh kemerdekaan dari Spanyol. 

Sedangkan pesisir Miskito atau Mosquito Coast yang saat itu menjadi wilayah Nikaragua dikuasai oleh Inggris tahun 1894. Tahun 1960, Mahkamah Internasional memutuskan untuk menyerahkan bagian utara pesisir Miskito ke Honduras.

Sejak merdeka, Nikaragua mengalami berbagai periode kerusuhan, kediktatoran dan krisis fiskal hingga mengarahkannya ke Revolusi Nikaragua di tahun 1960-an dan 1970-an. Selain itu, juga terjadi Perang Kontra tahun 1980-an yang menumbanghkan dinasti politik Somoza di Nikaragua.

C. Luas dan Batas Wilayah Nikaragua

Secara astronomis, Nikaragua terletak di antara garis lintang 11o LU – 15o LU dan garis bujur 82o BB –  88o BB. Luas wilayah Nikaragua mencapai 130.370 km persegi atau setara dengan luas New York.

Berikut adalah batas-batas wilayah Nikaragua yaitu:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Honduras
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Kosta Rika
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Karibia
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik

D. Pembagian Wilayah Administratif Nikaragua

Nikaragua merupakan sebuah republik kesatuan yang dibagi menjadi 15 departemen dan dua daerah otonom menurut model Spanyol. Di bawah departemen memiliki 153 municipos.

Dua daerah otonom tersebut adalah Daerah Otonomi Pantai Karbia Utara (RACCN) dan Daerah Otonom Pantai Karibia Selatan (RACCS). 

Berikut adalah departemen yang terdapat di di Nikaragua yaitu Boaco, Carazo, Chinandega, Chontales, Esteli, Granada, Jinotega, Leon, Madriz, Managua, Masaya, Matagalpa, Nueva Segovia, Rivas, Rio San Juan, RACCN, dan RACCS.

E. Kondisi Geografis Nikaragua

Nikaragua terbagi menjadi tiga wilayah geografis yaitu dataran rendah Pasifik, Pegunungan Amerrisque, dan Pantai Mosquito. Di bagian Pasifik Nikaragua terdapat dua danau air tawar terbesar di Amerika Tengah yaitu Danau Managua dan Danau Nikaragua.

Hampir seperlima kawasan Nikaragua ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi seperti cagar budaya, taman nasional, dan cadangan biologis. 

F. Sistem Pemerintahan Nikaragua

Sistem pemerintahan Nikaragua yaitu sistem pemerintahan Republik Presidensil. Kepala negara dan kepala pemerintahannya dipimpin seorang presiden. Presiden Nikaragua dipilih secara langsung dengan masa jabatan 5 tahun dan tidak ada batas periode jabatan.

Nikaragua sebagai negara multipartai yang memiliki sekitar lima partai utama. Parlemen Nikaragua atau Majelis Nasional terdiri dari 92 kursi yang menjabat selama lima tahun.

G. Kondisi Ekonomi Nikaragua

Nikaragua termasuk negara miskin di kawasan sub region Amerika Tengah. Tingkat pengangguran dan kemiskinan disana juga cukup tinggi. Tangka pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 4,9% di tahun 2017. Angka tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap kesejahteraan penduduk Nikaragua.

Hampir 50% pendapatan Nikaragua berasal dari sektor pertanian dan industri teksil. Hampir sebagian besar produk pertanian dan tekstil diekspor ke sejumlah negara seperti kopi dan daging sapi.

Hasil pertanian negara ini yaitu jagung, kacang-kacangan, beras, sorgum, serta beberapa jenis buah dan sayur.

Kekayaan alam Nikaragua seperti emas yang banyak dieskpor ke beberapa negara. selain itu, terdapat pula beberapa sumber daya alam lain yang hingga saat ini masih belum dimanfaatkan dengan optimal seperti perak, zinc, tembaga, besi, dan gipsum.

H. Agama Penduduk Nikaragua

Agama di Nikaragua memiliki peran yang cukup penting dalam kebudayaan masyarakat sehingga pemerintah Nikaragua memberikan perlindungan khusus dalam konstitusi. Pemeirntah Nikaragua tidak menetapkan agama resmi.

Denominasi terbesar dan menjadi mayoritas di Naikaragua adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Agama ini datang pada abad ke-16 bersamaan dengan penaklukan Spanyol. Tahun 1990-an, jemaat Gereja Evangelis dan Mormon mengalami perkembangan pesat.

I. Bahasa Penduduk Nikaragua

Bahasa Spanyol Nikaragua banyak dipengaruhi oleh pribumi yang menciptakan beberapa karakteristik pembeda. Di pantai karibia, bahasa pribumi yaitu kreol berbasis bahasa Inggris dan Spanyol diucapkan. Sedangkan bahasa Miskito banyak digunakan masyarakat Miskito sebagai bahasa pertama.

Bahasa asli bahasa Misumalpan berasal dari Mayangna dan Uwa yang diucapkan masing-masing suku dengan nama yang sama. Terdapat kurang dari tiga lusin atau hampir 2.000 orang Rama berbicara bahasa Chibchan dengan lancar.

J. Fakta Menarik Nikaragua

  1. Nikaragua memiliki spesies ikan hiu yang dapat hodup di air tawar dan air laut yaitu Hiu Banteng atau Bull Shark. Hiu jenis ini banyak ditemukan di Sungai San Juan dari Lau Karibia hingga ke Danau Nikaragua.
  2. Kota terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan asing adalah Granada. Granada juga menjadi kota tertua di Amerika Latin.
  3. Nikaragua memiliki pulau yang Bernama pulau Ometape yang banyak dikunjungi siswa dan ilmuwan dari seluruh dunia untuk mempelajari keunikan flora dan fauna.
  4. Nikaragua sebagai negara penghasil buah Pitahaya atau buah naga terbesar di Amerika Tengah. Bahkan jumlah produksi buah naga di negara ini dapat mencapai 6.160 ton setiap tahun.
  5. Bandara Augusto Cesar Sandino di Managua menjadi salah satu bandara paling aman di Amerika Latin menurut penilaian dari Organization of International Civil Aviation.
  6. Paspor Nikaragua menjadi paspor paling aman di dunia. Hal ini dikarenakan paspornya memiliki 89 fitur keamanan yang meliputi hologram, barcode, dan watermark sehingga membuat paspor ini sulit untuk dipalsukan. 

K. Hubungan Luar Negeri Nikaragua dan Indonesia

Hubungan diplomatik Nikaragua dan Indonesia telah terjalin baik sejak 1988. Secara umum, hubungan ekonomi perdagangan bilateral Nikaragua dan Indonesia memperlihatkan kecenderungan yang meningkat setiap tahun.

Nilai perdagangan Nikaragua dan Indonesia dari tahun ke tahun walaupun fluktuatif akan tetapi tetap cenderung mengalami peningkatan dengan surplus di pihak Indonesia. Tahun 2021, volume perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$ 36 juta dengan surplus di Indonesia sebesar 36 juta.

Nikaragua dan Indonesia telah menandatangani dua kesepakatan di bidang ekonomi yaitu pertama,  persetujuan dasar mengenai kerjasama ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknik antara pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Nikaragua.

Kedua, pertukaran nota antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Nikaragua mengenai pembentukan komisi bersama di bidang kerja sama ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknik. 

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2023). “Kerja Sama Bilateral”. https://www.kemlu.go.id/portal/id/page/22/kerja_sama_bilateral
  • Dickson. (2018). “Profil Negara Nikaragua (Nicaragua)”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-nikaragua-nicaragua/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Nikaragua: Karakteristik, Penduduk, dan Kondisi Perekonomiannya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-nikaragua
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Nikaragua”. https://semutaspal.com/nikaragua/

*Penulis: Nabila Salsa Bila