Profil Guiana Perancis

Negara Guiana dalam Bahasa Perancis disebut Guyane. Negara ini merupakan sebuah departemen luar negeri milik Perancis yang berada di Kawasan Karibia, Amerika Selatan. 

Negara ini lebih sering disebut sebagai Guiana Perancis karena nama Guyana juga digunakan sebagai sebuah negara di Kawasan ytara Amerika Selatan yaitu negara Guyana dan negara Suriname yang mendapat julukan sebagai Guiana Shield. 

Berikut adalah penjelasan mengenai negara Guiana Perancis mulai dari luas dan letak wilayah, sejarah, bendera, Bahasa, agama, sistem pemerintahan, sistem perekonomian, fakta menarik, dan kondisi geografis. 

Profil Guiana Perancis

A. Luas dan Letak Wilayah Guiana Perancis

Secara astronomis, negara Guiana Perancis terletak di antara garis lintang 3° - 6° LU dan diantara garis bujur 51° - 55° BB. 

Batas-batas wilayah dari Guiana Perancis antara lain:

  1. Sebelah barat berbatasan dengan negara Suriname
  2. Sebelah timur berbatasan dengan negara Brazil
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Brazil
  4. Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik

B. Sejarah Negara Guiana Perancis

Awalnya Guiana Perancis dihuni oleh orang-orang pribumi yaitu Kalina, Arawak, Galibi, Palikur, dan Emerillon. Kemudian pada tahun 1604, daerah ini dihuni oleh orang Perancis dan menjadi koloni Perancis sejak abad ke-18. 

Guiana Perancis sempat diambil alih oleh Portugis-British pada 1806 dan dikembalikan pada 1814. Akan tetapi, Portugis tetap menempatkan pasukannya di Guiana Perancis hingga 1817. Kemudian wilayah ini berganti status menjadi department luar negeri Perancis pada 19 Maret 1946.

C. Bendera Negara Guiana Perancis

Bendera Negara Guiana Perancis
Foto: en.m.wikipedia.org

Sebenarnya bendera resmi Guiana Perancis merupakan bendera negara Perancis itu sendiri. Sedangkan bendera seperti gambar di atas merupakan bendera tidak resmi milik Guiana Perancis.

Bendera ini memiliki warna hijau yang melambangkan hutan hujan Amazon. Warna kuning melambangkan emas. Serta, simbol Bintang merah ditengah bendera melambangkan sosialisme atau pertumpahan darah.

D. Kondisi Geografis Guiana Perancis

Guiana Perancis terbagi atas dua wilayah geografis yaitu Kawasan pesisir yang dihuni oleh Sebagian penduduk Guiana Perancis serta Kawasan kedua berupa Kawasan hutan hujan lebat yang kondisinya masih sulit untuk diakses.

Titik tertinggi di Guiana perancis adalah Bellevue de I’Inini yang bebrada di Maripasoula dengan ketinggian mencapai 851 meter di atas permukaan laut. Selain itu, terdapat beberapa gunung-gunung lainnya seperti Gunung Cottica (744 meter), Mount Itoupe (826 meter), Pic Coudreau (711 meter), dan Gunung Kaw (377 meter).

Guiana Perancis juga memiliki danau buatan yang Bernama Petit-Saut yang dibangun sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air di wilayah utara Guaina Perancis. Kemudian pada 2007, Sebagian kecil dari hutan Amazon dilindungi sebagai Taman Amazaon Guiana dan menjadi salah satu hutan nasional di Perancis. Luas taman ini mencapai 33.900 k persegi di atas Komune Camopi, Maripasoula, Papaichton, Saint-Elie, dan Saul.

E. Kondisi Iklim dan Cuaca di Guiana Perancis

Iklim di Guiana Perancis termasuk iklim hutan hujan tropis. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di 6° dari garis khatulistiwa sehingga tidak heran jika suhu udara disini terasa panas dan lembab di sepanjang tahun.

Curah hujan di Guiana Perancis juga termasuk tinggi karena adanya Zona Konvergensi Intertropis dan badai petir. Musim hujan terjadi antara Desember hingga Juli dengan curah hujan mencapai lebih dari 330 mm per setiap bulan.

Musim panas di Guaina Perancis terjadi antara Agustus hingga November dimana Kawasan Timur mengalami musim kemarau dan musim hujan kurang dari 60 mm. berdasarkan pembagian iklim Koppen, Guiana Perancis termasuk sebagai negara dengan iklim monsun tropis.

F. Bahasa Resmi Negara Guiana Perancis

Bahasa Perancis menjadi bahasa resmi negara Guiana yang banyak dituturkan oleh penduduk Guiana Perancis. Selain itu, penduduk Guiana Perancis  juga menggunakan bahasa lain seperti Inggris, Portugal, Mandarin, dan lainnya.

G. Agama Penduduk Guiana Perancis

Mayoritas penduduk Guiana menganut agama Katolik Roma. Akan tetapi untuk etnik Maroon yang merupakan keturunan dari Afrika dan kelompok etnik asli Amerika, mereka memiliki agamanya sendiri.

H. Kondisi Penduduk Guiana Perancis

Jumlah penduduk Guiana Perancis pada tahun 2021 adalah 294.071 jiwa yang Sebagian besar tinggal di Kawasan pesisir. Penduduk Guiana Perancis terdiri dari beragam etnik. Diantaranya yaitu percampuran antara Afrika dan Perancis yang menjadi kelompok etnik terbanyak di Guiana. 

Etnik lainnya juga berasal dari Kreol, Martinik, Guadeloupe, dan Saint Lucia. Selain itu, keturunan bangsa Eropa terutama Perancis juga banyak ditemukan di negara ini. Terdapat juga etnis Asia seperti dari Tiongkok, Laos, India bagian timur, Vietnam, dan Lebanon. 

I. Sistem Pemerintahan Guiana Perancis

Sistem pemerintahan Guiana Perancis diatur oleh konstitusi Perancis sebagai kolektivitas teritorial Perancis dan menjadi bagian dari integral Republik Perancis.

Republik Perancis mengirimkan dua wakil terpilih ke Majelis Nasional dan dua ke Senat. Pemerintahan lokal dipimpin oleh seorang prefek dan Majelis yang beranggotakan 51 orang dimana anggotanya dipilih melalui hak pilih universal orang dewasa.

Partai politik utama di Guiana Perancis adalah Partai Sosialis Guiana dan Partai Persatuan untuk Gerakan Populer. Sedangkan untuk partai politik lainnya yaitu Gerakan Dekolonisasi dan Emansipasi Sosial, Pasukan Demokratik Guyana.

Terakhir partai Walwari yang merupakan partai sayap kiri yang pendirinya yaitu Christiane Taubira yang menjabat sebagai menteri kehakiman pada masa pemerintahan Presiden Perancis Francois Hollande.

J. Sistem Perekonomian Guiana Perancis

Perekonomian Guiana Perancis sangat bergantung dengan negara Perancis terutama di bidang perdagangan. Meskipun demikian, Guiana Perancis juga tetap mengandalkan kekayaan alamnya sendiri seperti perikanan, hasil tambang (emas), dan kayu.

Dulunya hasil pertanian unggulan di negara ini adalah pisang dan tebu. Akan tetapi, saat ini keberadaan kedua komoditas tersebut mulai jarang dan digantikan dengan kegiatan peternakan sapi dan babi.

Pada tahun 2019, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Guiana Perancis mencapai US$ 17.099 atau sekitar 41.7% dari PDB rata-rata per kapita Perancis dan sekitar 49% dari wilayah metropolitan Perancis di luar wilayah Perancis. 

K. Fakta Menarik Guiana Perancis

Berikut adalah fakta-fakta unik dari Guiana Perancis, yaitu:

  1. Secara geologis, batuan yang mendasari Guiana Perancis merupakan bagian dari massa kristal pada Dataran Tinggi Guyana.
  2. Terdapat sekitar 5.500 jenis tumbuhan yang tumbuh di hutan Guiana Perancis.
  3. Karnaval menjadi acara terbesar di Guiana Perancis seperti acara karnaval yang berlangsung dari Minggu sore di antara Epiphani awal Januari serta Rabu Abu pada Februari atau Maret. 

REFERENSI

  • Profilbaru. (2022). “Guyana Perancis”. https://profilbaru.com/Guyana_Prancis
  • Mike Edmisten. (2023). “Bendera Guyana Perancis: Sejarah, Makna, dan Simbolisme”. https://a--z--animals-com.translate.goog/blog/the-flag-of-french-guiana-history-meaning-and-symbolism/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=i
  • Britannica. (2022). “Guyana Perancis”. https://www-britannica-com.translate.goog/place/French-Guiana/Government-and-society
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Guyana: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Penduduknya”. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj8nJeZkpqBAxW03TgGHeD2BWoQFnoECA4QAQ&url=https%3A%2F%2Filmugeografi.com%2Filmu-sosial%2Fnegara-guyana&usg=AOvVaw0esL5Sf3HX_CtLlSeziKch&opi=89978449

*Penulis: Nabila Salsa Bila