Profil Negara Dominika

Dominika merupakan sebuah negara yang berada di Laut Karibia di benua Amerika Utara. Letak negara ini diapit oleh dua pulau milik Perancis yaitu pulau Guadeloupe dan pulau Martinique.

Di bawah ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai Dominika mulai dari profil negara, sejarah, luas dan letak wilayah, sistemk politik, sistem perekonomian, perekonomian, bahasa resmi, agama yang dianut, hingga hubungan luar negeri.

Profil Negara Dominika

A. Profil Negara Dominika

Nama Resmi: Persemakmuran Dominika (Commonwealth of Dominica)
Bentuk Pemerintahan: Republik Parlementer
Sistem Pemerintahan: Parlementer
Ibukota: Roseau
Semboyan Negara: Apres le Bondie, C’est la Ter (Setelah Tuhan adalah Dunia)

Kepala Negara: Presiden
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Badan Legislatif: House of Assembly
Hari Kemerdekaan: 3 November 1978 (dari Inggris)
Lagu Kebangsaan: Isle of Beauty

Etnis: keturunan Afrika 86.6%, campuran 9.1%, etnis asli 2.9%, etnis lainnya 1.3%, dan tidak diketahui 0.2%
Mata Uang: Dollar Karibia Timur (XCD)
Kode telepon: 1-767

B. Bendera dan Lambang Negara Dominika

Bendera Negara Dominika

Bendera Dominika memiliki latar belakang berwarna hijau yang diisi dengan bidang selempang berwarna kuning, hitam, dan putih yang membentuk simbol palang.

Warna hijau melambangkan tanah Dominika yang subur dan penuh dengan hutan. Warna kuning melambangkan buah sitrus dan pisang sebagai dua komoditas pertanian utama di Dominika. Warna kuning juga melambangkan etnis pribumi Karibia dan Arawak sebagai orang pertama yang menghuni daerah Dominika. Warna hitam melambangkan tanah Dominika dan benua Afrika sebagai tanah asal sejumlah penduduk Dominika yang berkulit hitam. Serta, warna putih melambangkan kemurnian rakyat Dominika dan sungai yang mengaliri wilayah Dominika.

Bagian tengah bendera terdapat motif lingkaran merah dengan gambar burung kakaktua di bagian tengah. Di sekeliling gambar burung, terdapat simbol bintang hijau yang berjumlah 10 buah. Simbol lingkran dan gambar-gambar di dalamnya merupakan lambing dari negara Dominika.   

Berikut adalah lambang dari negara Dominika.

lambang dari negara Dominika
foto: en.wikipedia.org

C. Sejarah Negara Dominika

Berdasarkan sejarahnya, Dominika merupakan negara bekas jajahan Perancis yang kemudian berhasil direbut oleh Inggris pada 1815. Kemudian pada 3 November 1978 Dominika berhasil meraih kemerdekaan dengan menjadi negara persemakmuran Inggris. Pada tanggal tersebut juga turut menjadi hari kemerdekaan bagi negara Dominika.

D. Kondisi Geografis Dominika

Dominika memiliki 10 paroki diantaranya yaitu Saint Andrew, Saint David, Saint George, Saint John, Saint Joseph, Saint Luke, Saint Mark, Saint Patrick, Saint Paul, dan Saint Peter. 

Dominika memiliki dua pusat populasi utama yaitu di kota Roseau dan Portsmounth. Negara ini juga merupakan negara yang snagat rentan terhadap badai karena terletak di daerah yang disebut dengan wilayah topan.

Secara geografis, Dominika merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia. Kepulauan ini berada di paling utara Kepulauan Windward (disebut juga sebagai pulau paling selatan dari Kepulauan Windward).

Dominika memiliki keberagaman flora dan fauna sehingga disebut sebagai “Pulau Alam Karibia”. Negara ini didominasi oleh hutan hujan dan paling bergunung-gunung di Antilles Kecil.

E. Luas dan Letak Negara Dominika

Luas wilayah yang dimiliki Dominika adalah 751 km persegi dengan panjang sekitar 47 km dan lebar 26 km. Oleh sebba itu, tidak heran jika Dominika menjadi salah satu negara terkecil di dunia. Dominika memiliki garis astronomis 15° 18° LU dan 61° 23° BB.

Berikut adalah batas-batas negara Dominika, antara lain:

  1. Sebelah selatan berbatasan dengan Guadeloupe dan Samudera Atlantik
  2. Sebelah utara berbatasan dengan Martinik dan Samudera Atlantik
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik

F. Sistem Politik Dominika

Dominika merupakan sebuah negara kepulauan yang berdaulat. Sistem pemerintahan yang dianut adalah demokrasi parlementer yang tertuang dalam Persemakmuran Bangsa-Bangsa (PBB) sesuai dengan konstitusi pada 1978. 

Kepala negara Dominika dipimpin oleh seorang presiden. Sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh presiden dan kabinet menteri yang dipimpin oleh perdana menteri. 

Calon presiden Dominika dicalonkan oleh perdana menteri dan pemimpin partai oposisi yang dipilih melalui House Assembly atau mejelis rendah dengan masa jabatan selama lima tahun. Sedangkan perdana menteri ditunjuk oleh presiden.

G. Sistem Perekonomian Dominika

Penyokong utama perekonomian Dominika adalah bidang pertanian dan pariwisata. Akan tetapi pada September 2017, Dominika dilanda badai maria yang menghancurkan sektor pertanian dan kerusakan di hampir semua transportasi dan infrastruktur fisik lainnya.

H. Bahasa Resmi Dominika

Bahasa resmi Dominika adalah Bahasa Inggris. Selain itu, Bahasa yang sering digunakan oleh penduduk Dominika yaitu kreol Dominika dan Antilla yang didasarkan atas Bahasa Perancis.

Sejak tahun 1979, Dominika menjadi negara anggota dari La Francophonie. Oleh sebab itu, tidak heran jika kreol Dominika banyak digunakan oleg generasi yang lebih tua dan juga menguasai Bahasa Patois.

Dialek yang digunakan penduduk Dominik adalah Kokoy. Kooky sendiri merupakan Bahasa Inggris Pidgin yang merupakan campuran dari kerol Pulau Leeward Inggris dan Dominika.

I. Agama Penduduk Dominika

Mayotitas penduduk Dominika menganut agama Gereja Katolik Roma dengan persentase sebesar 61,4%. Kemudian sekitar 10-12% merupakan jemaat denominasi Hari ke-7 yang meliputi Kongregasi Yahweh, Gereja Tuhan (Hari ke-7), dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Selain agama Kristen, terdapat juga masyarakat yang menganut agama lain seperti Spiritualisme sebesar 2.6%, Bahai 1.7%, Agnostik 0.5%, Buddha, Hindu, dan Islam masing-masing 0.1%, agama rakyat Cina, Neoreligsi, dan Ateis masing-masing diikuti oleh <0.1% populasi.

J. Hubungan Luar Negeri Dominika

Dominika tergaung dalam Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 18 Desember 1978. Selain itu, Dominika juga tergabung dalam Lembaga-lembaga internasional di bawah naungan PBB seperti WHO (World Health Organization), FAO (Food and Agriculture Organization), IMF (international Monetary Fund), dan masih banyak lagi lainnya.

Dominika juga tergabung ke dalam beberapa organisasi internasional seperti lliance of Small Island States (AOSIS), African, Caribbean and Pacific Group of States (ACP), Commonwealth (Negara Persemakmuran Inggris), Caribbean Development Bank (CDB) dan Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW).

REFERENSI

  • Profilbaru. (2021). “Persemakmuran Dominika”. https://profilbaru.com/Dominika
  • BBC. (2022). “Dominican Republic Country Profile”. https://www.bbc.com/news/world-latin-america-19246340
  • Dickson. (2020). “Profil Ngeraa Dominika”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-dominika-dominica/
  • Semut Aspal. (2022). “Profil & Informasi tentang Negara Dominika”. https://semutaspal.com/dominika/

*Penulis: Nabila Salsa Bila