Profil Negara Siprus

Tahukah kalian bahwa ada sebuah negara yang bernama Siprus? 

Siprus merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa yang terletak di Timur Tengah Laut Mediterania. Siprus terkenal akan keunikan bangunannya yang berdiri secara modern akan tetapi tidak meninggalkan unsur sejarahnya. Hal inilah yang membuat Siprus banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Profil Negara Siprus

Sebelum kalian berkunjung ke Siprus, tentunya kalian harus tahu dulu karakteristik dan keunikan-keunikan di dalamnya. Simaklah pembahasan artikel berikut ini karena memuat karakteristik, sejarah berdirinya, penduduk, iklim dan cuaca, pariwisata, sistem ekonomi, sistem pemerintahan, kondisi sosial budaya, hingga kerjasama yang terjalin antara Siprus dan Indonesia.

A. Karakteristik Negara Siprus

1. Peta negara Siprus

Siprus berada di Timur Laut Mediterania yang merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan ini. Siprus didominasi oleh dua pegunungan yaitu Pegunungan Troodos yang menutupi hampir sebagian besar wilayah bagian selatan dan daerah Kyrenia. Titik tertinggi Siprus berada di pucak Gunung Olympus dengan tinggi 1.952 m. Sementara itu, daerah Kyrenia memiliki ketinggian mencapai 1.024 m.

Luas wilayah Siprus yaitu 9.251 km². Sekitar 3.355 km² berada di bawah administrasi Turkish Cypriot dan 151 km² merupakan Green Line (buffer zone di bawah pengawasan PBB). Selain itu, sekitar 254 km² merupakan Sovereign Base Area di bawah yurisdiksi Inggris.

Siprus terletak di 34° LU - 36° LU dan 32° LS - 35° LS. Batas-batas wilayah Siprus antara lain:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Turki
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Mesir
  • Sebelah timur berbatasan dengan Israel, Lebanon, dan Suriah
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Mediterania 

2. Bendera Negara Siprus

Bendera Negara Siprus

Bendera Siprus memiliki rasio 3:2 dan berwarna putih. Bagian tengah bendera Siprus berwarna kuning yang melambangkan tembaga sebagai sumber daya negara. Terdapat juga dua cabang zaitun hijau selang-seling di bagian bawah yang melambangkan persatuan antara warga. 

3. Lambang Negara Siprus

Lambang Negara Siprus
Foto: en.wikipedia.org

Lambang negara Siprus menggambarkan perisai bergambar merpati yang membawa cabang zaitun sebagai simbol perdamaian. Terdapat pula tulisan tahun 1960 yang melambangkan tahun kemerdekaan Siprus dari penjajahan Inggris. 

Dalam lambang tersebut terdapat perisai berwarna kuning tembaga yang melambangkan Siprus sebagai pula penghasil biji tembaga. Terdapat pula dua ranting zaitun yang melambangkan dua suku utama di Siprus yaitu Turki dan Yunani

B. Sejarah Berdirinya Negara Siprus

Berdasarkan sejarah, Siprus berasal dari bahasa Yunani yaitu Kύπριoς (dibaca ku-pi-ri-jo). Kemudian para ahli menyimpulkan bahwa kata tersebut memiliki tiga arti. Arti pertama yaitu pohon cemara Mediterania kypárissos. Arti kedua yang berasal dari kata kpros yang berarti pohon pacar. Sementara arti yang terakhir yaitu dai kata Eteocypriot yang berarti tembaga. Arti ini didukung pula dengan banyaknya tembaga yang ditemukan di daerah ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, pulau ini menggunakan nama Latin Klasik untuk tembaga yaitu aes Cyprium. Kemudian disingkat menjadi Cuprum yang berarti tembaga. Kendati demikian, masih banyak orang yang menyebut negara ini dengan sebutan Cypriote dan Cypian.

Siprus merupakan negara persemakmuran dari Kerajaan Inggris yang meraih kemerdekaan dari Inggris pada 16 Agustus 1960. Akan tetapi, Siprus merayakan kemerdekannya pada 1 Oktober 1960.

Saat masih dijajah Inggris, Siprus akan diberikan kepada negara Yunani. Akan tetapi keputusan tersebut ditolak oleh Turki yang berada di Siprus (meskipun Turki merupakan kaum minoritas). Hingga pada akhirnya keinginan tersebut terpenuhi dan menjadi sebuah negara yang merdeka. 

Oleh sebab itu, Siprus terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang menginginkan bersatu dengan Yunani dan kelompok yang  tidak menginginkan bersatu. Kelompok yang ingin bersatu dengan Yunani kemudian melakukan kudeta yang dibalas oleh Turki. Hal ini kemudian membuat Turki menempati wilayah bagian utara Siprus.

C. Profil Negara Siprus

Berikut adalah profil negara Siprus:

  1. Nama resmi: Republik Siprus (Republic of Cyprus)
  2. Nama lokal: Kypriaki Dimokratia atau Kibris Cumhuriyeti
  3. Bentuk pemerintahan: Republik Presidensil
  4. Kepala negara: Presiden Nikos Anastasiadis
  5. Kepala pemerintahan: Presiden Nikos Anastasiadis
  6. Ibukota: Nikoasia
  7. Jumlah penduduk: 266.6776 jiwa (2020)
  8. Bahasa resmi: Bahasa Yunani dan Bahasa Turki
  9. Etnis: Yunani 98.8%, etnis lainnya 1%, dan tidak diketahui 0.2%
  10. Agama: Kristen Ortodoks 89.1%, Katolik Roma 2.9%, Protestan atau Anglikan 2%, Islam 1.8%, Buddha 1%, agama lainnya 1.4%, tidak diketahui 1.1%, tidak beragama atau atheis 0.6%
  11. Hari kemerdekaan: 16 Agustus 1960 (dari Kerajaan Inggris)
  12. Hari Nasional: 1 Oktober 1960 
  13. Lagu kebangsaan: Ymnos ei tin Eleftherian (Hymn to Liberty)
  14. Kode telepon: 357
  15. Mata uang: Euro (EUR) 

D. Kondisi Penduduk di Siprus

Jumlah penduduk Siprus pada tahun 2020 berjumlah 1.207 juta jiwa. Penduduk Siprus terbagi menjadi dua etnis yaitu etnis Cypriot Yunani dan etnis Cpriot Turki. Kedua etnis tersebut memiliki identitas sendiri sekaligus menunjukkan identitas agama, bahasa, dan tradisi tanah kelahirannya.

Bahasa resmi yang digunakan di Siprus adalah bahasa Yunani. Sementara di wilayah Siprus utara menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Turki. Mayoritas penduduk Siprus etnis Cypriot Yunani menganut Orthodoks Yunani yang disebut dengan Gereja Siprus. Sementara etnis Cyptiot Turki menganut agama Islam. 

E. Iklim dan Cuaca di Siprus

Siprus memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Saat sedang musim panas kondisi cuaca cenderung panas, lembab, kering, dan cerah. Sementara saat sedang musim dingin kondisi cuaca cenderung dingin, berangin, dan cerah. Dalam satu tahun, cuaca bervariasi mulai dari 6° C hingga 33° C dan jarang di bawah 2° C atau di atas 37° C

Musim panas di Siprus berlangsung selama 3 bulan yaitu mulai dari 10 Juni hingga 20 September. Suhu tertinggi harian rata-rata di atas 30° C. Bulan terpanas di Siprus terjadi pada bulan Agustus dengan rata-rata sehu terendah 33° C dan tertinggi 22° C.

Saat musim dingin terjadi selama 3 bulan yaitu mulai dari 2 Desember hingga 22 Maret. Suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 18° C. Musim terdingin di Siprus terjadi di bulan Januari dengan rata-rata terendah 6° C dan tertinggi 15°C.

F. Pariwisata dan Fakta Menarik di Siprus

Siprus memiliki bentang alam yang sanagt menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata yang menakjubkan mulai dari bangunan peninggalan sejarah, pantai, kastil, taman, dan masih banyak lainnya.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat kalian kunjungi saat berada di Siprus, antara lain:

1. Petra tou Romiou

Petra tou Romiou merupakan wisata laut yang memiliki pandang yang cantik karena air laut masih jernih dan panorama pasir putih yang memanjakan mata wisatawan. Saat berkunjung disini, wisatawan dapat melakukan aktifitas seperti berenang, berjemur, hingga berjalan-jalan di sekitar pantai.

2. Kastil Kolossi

Kastil Kolossi merupakan bagian integral dari sejarah negara Siprus. Penamaan Kolossi berasal dari nama anggur commandaria terkenal yang pernah diekspor di daerah ini. Saat mengunjungi tempat ini, wisatawan dapat menjelajahi tangga dan banteng yang terdapat di kastil hingga berjalan-jalan di sekitar pekarangan. 

3. Choirokitia

Choitokitia merupakan tempat pemukiman manusia permanen paling awal yang ditemukan di Siprus. Oleh sebab itu, bangunan ini menjadi bangunan bersejarah dan telah ditambahkan di daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1998. Tempat ini juga menunjukkan bagaimana orang-orang pada zaman dulu hidup hingga saat berburu dan bertani. 

4. Taman Arkeologi Paphos

Taman Arkeologi Paphos merupakan taman yang berisikan pemandangan bersejarah dan monumen dari Periode Prasejarah hingga Abad Pertengahan. Selain itu, taman ini juga memiliki mosaik lantai yang menggambarkan pemandangan dari mitologi Yunani Kuno.

5. Ancient Amathous

Ancient Amathous merupakan situs arkeologi penting dalam sejarah Siprus. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki reruntuhan bangunan dari Basiliska Kristen Awal, Kuil Aphrodite, Akropolis, Tembok Pertahanan, dan bangunan-bangunan lainnya. Tempat ini pada awalnya merupakan kota kecil yang memiliki pelabuhan dan telah dihuni sejak abad ke-11 SM.

Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan dan tempat wisata yang kental nilai sejarahnya, Siprus juga terkenal dengan beberapa fakta menarik berikut:

  1. Nama Siprus berasal dari kata tembaga sebagai barang ekspor utama di wilayah ini
  2. Dalam bendera Siprus terdapat peta negara Siprus
  3. Siprus mendapat julukan Daratan Cinta dan dipercayai sebagai tempat lahirnya Dewi Aphrodite
  4. Penduduk Siprus memiliki dua julukan yaitu Cipriot Yunani dan Cipriot Turki
  5. Siprus dipercayai sebagagi tempat berkumpulnya para dewa
  6. Siprus perna menjadi bangsa paling makmur di dunia saat masa Perunggu dan tembaga
  7. Terdapat tiga warisan budaya UNESCO yaitu Gereja Lukis, Choirokoitia, dan Taman Arkeologi Paphos
  8. Terdapat peninggalan dari abad ke-4 yaitu Monasteri Stavrouvouni di Pegunungan Troodos
  9. Siprus pernah menjadi Provinsi Kekaisaran Romawi pada tahun 45 M
  10. Siprus menjadi salah satu negara yang menwarkan prnikahan terlarang. Oleh sebab itu, banyak agen wisata Siprus yang menyediakan jasa pernikahan pasangan yang cintanya terkarang secara agama ataupun sosial  

G. Sistem Ekonomi Negara Siprus

Hampir sebagian besar pendapatan Siprus berasal dari sektor pariwisata. Hal ini didukung dari banyaknya bangunan bersejarah di Siprus. Siprus juga dikenal sebagai Daratan Cinta dan tempat lahirnya Dewi Aphrodite sehingga membuat wisatawan baik lokal maupun mancaranegara untuk mengunjunginya.

Selain dari sektor pariwisata, Siprus juga mengandalkan pendapatan dari pertanian seperti anggur, tembakau, kentang, dan jeruk. Sektor pertambangan juga turut andil dalam perekonomian negara seperti tembaga, marmer, gipsum, dan besi. Pendapatan perkapita Siprus sebesar US$37.200.

H. Sistem Pemerintahan Negara Siprus

Siprus merupakan negara yang berbentuk Republik Presidensial yang kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh Presiden. Presiden Siprus memiliki jabatan selama 5 tahun dan dipilih secara langsung dengan suara mayoritas mutlak.

Pada 1 Mei 2004, Siprus memutuskan untuk bergabung dengan Uni Eropa. Akan tetapi, hanya bagian selatan saja yang dapat bergabung. Meskipun daerah utara telah memaksa pemerintah untuk bersatu dengan selatan, akan tetapi keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi. Siprus juga tergabung dalam Negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth), dan Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW).

Siprus terbagi menjadi 6 distrik yang meliputi Famagusta, Larnaca, Kyrenia, Nicosia, Limassol, dan Paphos. Selain itu, Siprus juga memiliki 4 exclaves dimana dua wilayah yaitu desa Xylotymvou dan desa Ormidhia terdapat pangkalan Sovereign Inggris Dhekelia. Sementara untuk wilayah ketiga terdapat Pembangkit Listrik Dhekelia yang telah dibagi dua oleh jalan Inggris. Zona terakhir merupakan zona penyangga PBB dan mengubah daerah tersebut menjadi Paralimni.

Dalam hubungan luar negeri, Siprus bergabung dengan PBB pada 20 September 1960. Siprus juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga internasional dibawah naungan PBB seperti Food and Agriculture Organization (FAO), International Labour Organization (LAO), International Maritime Organization (IMO), International Monetary Fund (IMF), United Nations High Commissioner for Refugess (UNHCR), dan masih banyak lagi lainnya.

I. Kondisi Sosial Budaya Siprus

Siprus Yunani dan Siprus Turki memiliki banyak kesamaan dalam budaya karena pertukaran budaya. Beberapa makanan tradisional seperti Souvlaki dan Halloumi, ekspresi, dan cara hidup juga memiliki kesamaan. 

Dalam komunitas, musik, tarian, dan seni merupakan bagian integral dari kehidupan sosial dan ekspresi artistik, verbal dan non verbal, tarian tradisional seperti Tsifteteli,dan kesamaan kostum tari. 

Kedua komunitas memiliki agama dan budaya yang berbeda. Siprus Yunani secara tradisional menjadi Ortodoks Yunani dan Siprus Turki secara tradisional menjadi Muslim Sunni. Siprus Yunani memiliki pengaruh dari Yunani dan Kekristenan sedangkan Siprus Turki mendapat pengaruh dari Turki dan Islam.

Ciri seni Sipurs adalah kecenderungan seni lukis figuratif meskipun seni konseptual sedang dipromosikan dengan ketat oleh lembaga seni di Pusat Seni Kota Nicosia. Seniman Siprus Yunani terkenal antara lain Helene Black, Keluarga Kalopedis, Panayiotis Kalorkoti, dan masih banyak lainnya. Sementara seniman Siprus Turki antara lain İsmet Güney, Ruzen Atakan dan Mutlu Çerz.

Musik rakyat tradisional Siprus memiliki beberapa unsur yang smaa dengan musik Yunani, Turki, dan Arab yang semuanya diurunkan dari musik Bizantium termasuk tarian Siprus Yunani dan Siprus Turki seperti sousta, syrtos, zeibekikos, tatsia, dan karsilama. Instrumen musik yang biasanya digunakan dalam musik rakyat Siprus adalah fkiolin (biola), laouto (kecapi), akordeon, pithkiavlin (seruling Siprus), outi (oud), kanonaki, dan perkusi.

Musik populer di Sirprus dipengaruhi oleh adegan Laïka Yunani seoraang seniman yang bermain dalam genre ini seperti Anna Vissi, Evridikasi, dan Sarbel. Hip Hop, R&B telah didukung dengan munculnya rap Cypriot dan adegan musik urban di Ayia Napa.  

J. Kerjasama Siprus dan Indonesia

Tahun 2020, Siprus dan Indonesia bekerja sama untuk melakukan latihan angkatan laut di wilayah Sirprus. KRI Sultan Iskandar Muda – 367 milik Indonesia dan CNS Ionannides P61 milik Sirprus berlatih bersama untuk memperlohatkan persahabatan yyang terjalin antar keduanya.

Kedua kapal tersebut melakukan manuver dasar seperti passge exercise (PASSEX), flasing light exercise, dan Communication Jamming Exercise. Tujuan dari adanya latihan angkatan laut ini untuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang pertahanan.

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2018). “Siprus”. https://kemlu.go.id/rome/id/pages/siprus/2763/etc-menu
  • Ika Lestari. (2019). “Sejarah Negara Siprus – Sistem Pemerintahan – Perekonomian”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-siprus
  •  Dickson. (2022). “ Profil Negara Syprus”. https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-siprus-cyprus/
  • Profil Pelajar. (2020). “Demografi Siprus”. https://profilpelajar.com/Demografi_Siprus
  • Weatherspark. (20180. “Iklim dan Cuaca Rata-Rata Sepanjang Tahun di Siprus”. https://id.weatherspark.com/y/150218/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Cyprus-Siprus-Sepanjang-Tahun
  • Ratna Herlina. (2021). “Destinasi Wisata menakjubkan di Siprus”. https://www.idntimes.com/travel/destination/ratna-herlina/destinasi-wisata-menakjubkan-di-siprus-c1c2?page=all
  • Kemlu RI. (2022). “Latihan Bersama Angkatan Laut Indonesia dan Sirprus, Tingkatkan Hubungan Bilateral di Bidang Pertahanan”. https://kemlu.go.id/portal/id/read/3271/berita/latihan-bersama-angkatan-laut-indonesia-dan-siprus-tingkatkan-hubungan-bilateral-di-bidang-pertahanan

*Penulis: Nabila Salsa Bila