Profil Negara Jamaika

Kata Jamaika berasal dari kata “xaymaca” dari bahasa Arawak yang artinya pulau hutan dan air. Jamaika terletak di Kawasan Laut Karibia, benua Amerika. Negara ini berbentuk pulau yang cukup besar dan menjadi pulau terbesar kedua setelah Kuba dan Hispaniola di Laut Karibia.

Jamaika merupakan salah satu negara Persemakmuran Inggris dengan Raja Charles III sebagai kepala negara. Berdasarkan sejarah yang ada, saat Chritopher Columbus datang ke Jamaika, dia sempat membuat takut penduduk asli Jamaika, yaitu etis Taino dengan adanya fenomena gerhana bulan. Berikut ini merupakan profil negara Jamaika lengkap yang bisa Kamu simak. 

Profil Negara Jamaika

A. Karakteristik Negara Jamaika

Nama Resmi: Jamaica
Ibu Kota: Kingston
Semboyan: Out of Many, One People (dari sekian banyak, hanya satu rakyat)
Lagu kebangsaan: Jamaica, Land We Love
Bentuk Pemerintahan: Monarki Konstitusional

Sistem Pemerintahan: Konstitusional
Kemerdekaan: 6 Agustus 1962
Kepala Negara: Raja
Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Badan Legislatif: Parlemen (Senate + House of Representative)

Jumlah penduduk: 2.808.570 (estimasi Juli 2020)
Mata Uang: Dolar Jamaika (J$) (JMD)
Kode Telepon: +1-876

Bendera Negara Jamaika
Bendera Negara Jamaika

B. Sejarah Berdirinya Jamaika

Jamaika pernah dijajah Spanyol mulai tahun 1509. Penjajahan ini menjadikan Jamaika menadi salah satu koloni pertama di dunia baru pada saat itu.

Selang 150 tahun kemudian, Inggris berhasil merebut Jamaika dari Spanyol pada 11 Mei 1655 melalui perang Inggris-Spanyol. Kemudian Kerajaan Inggris pecah pada 1950-an membuat Jamaika memiliki beberapa amandemen konstitusi untuk memungkinkan pemerintahan Jamiaka memiliki otoritas sendiri dan perdana Menteri.

Pada 1958, Jamaika menjadi anggota pendiri The West Indies Federation. Federasi tersebut merupakan persatuan politik dari berbagai pulau di Karinia yang merupakan bagian dari koloni Inggris.

Akan tetapi, hingga tahun 1958 Jamaika masih belum merasa bebas. Oleh sebab itu, Jamaika bersama dengan federasi tersebut membuat gerakan menuju merdeka. Sayangnya, langkah yang lambat membuat terjadinya referendum di Jamaika kehilangan kepercayaan diri dan sebanyak 54% pemilih memilih pergi.

Hal ini membuat pemilihan umum tahun 1962 di Jamaika dimenangkan oleh Partai Buruh Jamaika di bawah kepemimpinan Alexander Bustamante. 

Kemudian tercipta Undang-Undang Kemerdekaan Jamaika yang disahkan Parlemen Inggris pada 19 Juli 1962 yang menyatakan bahwa otoritas Inggris memberikan kemerdekaan kepada Jamaika pada 6 Agustus 1962. Di saat itulah, bendera Jamaika berhasil dikibarkan untuk pertama kalinya.

Perayaan hari kemerdekaan Jamaika biasanya dilakukan dengan Festival Jamika seperti parade akbar, musik tradisional, The World Reggae Dance, dan sebagainya.

C. Letak dan Luas Wilayah Jamaika

Luas wilayah Jamaika adalah 10.990 km persegi. Letak astronomis negara ini adalah di antara garis lintang 17o LU – 19o LU dan di antara garis bujur 76o BB – 79o BB.

Batas-batas wilayah Jamaika adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Kuba, Haiti, dan Dominika
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Karibia, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Haiti
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Karibia

D. Pembagian Wilayah Administratif Jamaika

Jamaika dipecah menjadi 14 paroki yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga wiayah yang tidak memiliki relevansi administratif. Paroki dalam konteks pemerintahan lokal ditunjuk sebagai “otoritas lokal”. Otoritas lokal inilah yang disebut dengan “korporasi kota”.

Pemerintah lokal di Paroki Kingston dan St. Andrews dikonsolidasikan sebagai Kota Kingston & St. Andrew. 

Kota baru yang dibuat Jamaika adalah Kota Portmoredi tahun 2003. Kendati kota baru, sebenarnya secara geograsi kota ini terletak di dalam Paroki St. Catherine yang kemudian kotanya diatur secara independent.

Pembagian paroki di wilayah Cornwall seperti Hanover, Saint Elizabeth, Saint James, Trelawny, dan Westmoreland.

Pembagian paroki di wilayah Middlesex adalah Clarendon, Manchester, Saint Ann, Saint Catherine, dan Saint Mary.

Pembagian paroki di wilayah Surrey adalah Kingston, Portland, Saint Andrew, dan Saint Thomas.

E. Agama yang Dianut Penduduk Jamaika

Mayoritas penduduk Jamika menganut agama Kristen Protestan sebesar 70% populasi dan Katolik Roma sebesar 2% populasi.

Berdasarkan sensus tahun 2001, denominasi jemaat terbanyak penduduk Jamaika adalah Gereja Tuhan (25%), Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (11%), Pantekosta (10%), Baptis (7%), Anglikan (4%), Gereja Inggris (2%), Methodis (2%), Plymouth Brethen (1%), dan Moravian (1%).

Agama lain yang dianut penduduk Jamaika seperti Saksi-Saksi Yehuwa (2%), Baha’i, Buddha, dan Hindu. Bahkan tiap tahunnya terdapat Festival Hindu yang dirayakan oleh komunitas Indo-Jamaika. 

Terdapat juga populasi kecil orang Yahudi yang menggambarkan dirinya sebagai Konservatif Liberal. Shaare Shalom sebagai salah satu sinagog yang lantainya ditutupi pasir dan menjadi tujuan wisata wisatawan yang berkunjung ke Jamaika.   

F. Bahasa yang Digunakan Penduduk Jamaika

Bahasa resmi yang digunakan penduduk Jamaika adalah bahasa Inggris. Akan tetapi, untuk bahasa lisan utama yang digunakan adalah kreol yang berbasis bahasa Inggris yang disebut dengan Jamaican Patois (Patwa).

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Unit Bahasa Jamaika menyatakan bahwa sebanyak 17,1% populasi penduduk menggunakan bahasa Inggris satndar Jamaika (JSE), 36,5% mengguakan monolingual bahasa Patois, dan 46,4% menggunakan dwibahasa.

Selain itu, terdapat beberapa penduduk di Jamaika yang menggunakan Bahasa Isyarat Jamaika, Bahasa Isyarat Amerika, dan Bahasa Isyarat Penduduk Asli (Konchri Sain).

G. Kondisi Perekonomian Jamaika

Jamaika dikenal sebagai negara penghasil bauksit terbesar di dunia. Bauksit merupakan bahan dasar dari alumunium. Oleh sebab itu, tidak heran jika pertambangan dan pabrik alumunium menjadi salah satu pendorong perekonomian di Jamaika.

Selain pertambangan, di Jamaika sektor pertanian juga memiliki andil besar dalam perekonomian negara. Hal ini dikarenakan hasil utama pertanian Jamaika adalah tebu. Sedangkan perkebunan seperti pisang, kopi, jeruk, dan rempah-rempah.

Sektor pariwisata juga membantu perekonomian negara. Hal ini dikarenakan di Jamaika menjadi ikon penting dalam wisata air. Wisata air terkenal di Jamaika yaitu Ocho Rios dan Teluk Montego di sebelah utara. Tempat-tempat tersebiut diminati banyak wisatawan karena keindahan alam bawah laut, ikan-ikan cantik, dan terumbu karang yang beragam. 

H. Fakta Menarik Jamaika

  1. Jamaika memiliki klub golf yang dinamakan dengan The Manchester Golf Club. Klub ini menjadi klub golf tertua di belahan bumi bagian barat karena telah berdiri sejak tahun 1868.
  2. Terdapat praktik voodoo yang dilakukan sebagai bentuk hukuman atas kejahatan yang telah dilakukan. Praktik tersebut dinamakan dengan Obeahism.
  3. Jamaika memiliki kupu-kupu terbesar kedua di dunia yang dinamai dengan Swallowtail.
  4. Jamaika memiliki banyak sumber mata air panas yang dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
  5. Semboyan masyarakat Jamaika yaitu “Out of Many, One People”. Arti dari semboyan tersebut adalah dari sekian banyak, hanya satu rakyat.
  6. Jamaika banyak membudidayakan ganja. Akan tetapi, budidaya ganja ini tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk tujuan keagamaan dan meditasi.
  7. Burung nasional dari Jamaika adalah Trochilus polytmus. Sedangkan bunga nasionalnya adalah Lignum Vitae. 

I. Hubungan Luar Negeri Jamaika dengan Indonesia

Jamaika dan Indonesia sepakat untuk meningkakan hubungan kerja smaa politik. Hal ini turut disampakan saat pertemuan Duta Besar RI Havana, Nana Yuliana dan Under Secretary of Foreign Affairs of Jamaica, Duta Besar Janice Miller di Kingston pada 28 Oktober 2021.

Menurut penuturan Dubes Nana, Indonesia dan Jamaika memiliki beberapa persamaan kepentingan politik seperti pencalonan pada organisasi internasional seperti International Telecommunication Union (ITU) dan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO).

Selain itu, juga untuk perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat terus ditingkatkan dan untuk hal-hal yang masih terpending untuk dapat segera direalisasikan.

Sedangkan tanggapan dari Dubes Janice yaitu berkomitmen untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia. Selain itu, juga untuk hal-hal yang masih membutuhkan diskusi lebih lanjut maka akan secara teknis ditindaklanjui oleh otoritas terkait.

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2021). “Indonesia -Jamaika akan Tingkatkan Kerja Sama Politik”. https://kemlu.go.id/havana/id/news/17090/indonesia-jamaika-akan-tingkatkan-kerjasama-politik
  • Bunga Ruth. (2021). “6 Agustus 1962: Jamaika Merdeka dari Penjajah Spanyol”. https://kemlu.go.id/havana/id/news/17090/indonesia-jamaika-akan-tingkatkan-kerjasama-politik
  • Safe Travel. (2020). “Informasi Umum Jamaika”. https://safetravel.kemlu.go.id/country-info/85
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Jamaika”. https://semutaspal.com/jamaika/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Jamaika: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-jamaika

*Penulis: Nabila Salsa Bila