Profil Negara Paraguay

Paraguay merupalan negara yang berada di Amerika Selatan. Negara ini termasuk dalam negara pedalaman karena terkurung oleh beberapa negara dan diapit oleh Sungai Paraguay.

Arti dari Paraguay adalah “air yang mengalir ke samudera” yang berasal dari kata Guarani. Meskipun demikian, hingga saat ini masih banyak pendapat mengenai asal muasal kata Paraguay salah satunya pemimpin besar yang Bernama “Paraguaio”.

Di bawah ini kalian dapat menemukan lebih banyak informasi mengenai profil negara Paraguay lengkap mulai dari karakteristik hingga hubungan luar negeri dengan Indonesia. Simak ya.

Profil Negara Paraguay

A. Karakteristik Negara Paraguay

Nama Resmi: Republik Paraguay
Nama Lokal: Republica del Paraguay (Spanyol) dan Teta Paraguai (Guarani)
Ibu Kota: Asuncion
Semboyan Negara: Paz y justicia (Perdamaian dan Keadilan)

Lagu Kebangsaan: Himno Nacional del Paraguay
Bentuk Pemerintahan: Republik Presidensial
Sistem Pemerintahan: Presidensial
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Presiden
Badan Legislatif: Kongres (Camara de Senadores + Camara de Diputados)
Hari Kemerdekaan: 14 Mei 1811
Jumlah Penduduk: 7.191.685 (estimasi Juli 2020)

Etnis: etnis Mestizo 95% (campuran etnis Spanyol dengan etnis Amerika Indian) dan etnis lainnya 5%.
Mata Uang: Guarano (₲) (PYG)
Kode Telepon: +595

B. Sejarah Berdirinya Negara Paraguay

Paraguay merupakan negara jajahan Spanyol sejak abad ke-16 hingga mendapatkan kemerdekaannya pada 14 Mei 1811. Dalam Perang Aliansi Tiga (War of the Triple Alliance) dengan Brasil, Argentina, dan Uruguay pada 1865-1870 Paraguay mengalami kekalahan hingga membuatnya kehilangan sekitar 50% populasi dan sebagian besar wilayanya.

Kemudian Paraguay mengalami stagnasi ekonomi selama setengah abad. Pada 1932-1935, Paraguay menyatakan perang terhadap Bolivia untuk merebut wilayah Chaco. Dalam perang tersebut, Paraguay berhasil mengalahkan Bolivia dan memperoleh sebagian besar wilayah daratan rendah Chaco.

C. Bendera dan Lambang Negara Paraguay

Bendera Paraguay tampak depan

Bendera Negara Paraguay
Foto via britannica.com

Bendera Paraguay tampak belakang

Bendera Negara Paraguay
Foto via britannica.com

Bendera Paraguay memiliki tiga bidang warna yang tersusun secara mendatar. Ketiga warna tersebut adalah merah, putih, dan baru. Tak hanya itu, bendera Paraguay bagian tengah juga memiliki bidang yang berwarna putih berbentuk lingkaran.

Uniknya, bendera Paraguay memiliki dua sisi yaitu bagian depan dan bagian belakang. Simbol bagian depan bendera terdapat simbol lingkaran dengan bintang di tengah yang diambil dari lambang negara Paraguay.

Simbol pada bendera bagian belakang berupa lingkaran dengan gambar siang dan tiang. Simbol ini diambil dari lambang departemen keuangan Paraguay.

Penggunaan dua simbol pada bendera Paraguay memiliki arti untuk menunjukkan semangat yang dikandung oleh lambang-lambang resmi Paraguay. Lambang Paragua berarti kebebasan dan kemandirian. Sedangkan lambang departeme keuangan Paraguay melambangkan keberanian, perdamaian, dan keadilan.

Lambang negara Paraguay

Lambang Paraguay
Foto via wikipedia.org

Lambang Paraguay berbentuk lingkatan dengan sebuah bintang berujung lima yang dikelilingi oleh untaian bunga hijau dengan kata “REPUBLICA DEL PARAGUAY”. Lambang negara ini menyimbolkan kebebasan dan kemandirian.

D. Peta Negara Paraguay

Luas wilayah Paraguay adalah 406 752 km², yang terdiri dari luas tanah sekitar  397.302 km²,  dan air (sungai) sebesar 9.450 Km². Paraguay tidak memiliki laut melainkan hanya sebuah sungai yang bermuara ke laut.  Secara astronomis, Paraguay berada pada 19º 10' dan 27º 50' lintang selatan dan 54º 10' dan 62º 50' Meridian lintang barat.

Paraguay berada di Amerika Selatan. Negara ini mendapat julukan “Corazon de Sudamerica (Jantung Amerika Selatan). Batas-batas wilayah Paraguay adalah sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Bolivia dan Brasil
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Argentina
  • Sebelah barat berbatasan dengan Bolivia dan Argentina
  • Sebelah timur berbatasan dengan Argentina dan Brasil

E. Pembagian Wilayah Administratif Paraguay

Paraguay terbagi menjadi dua wilayah yaitu Wilayah Barat atau Chaco (Baqueron, Alto Paraguay, dan Presidente Hayes) dan Wilayah Oriental (departemen selain yang sudah disebutkan dan distrik ibu kota).

Departemen yang ada di Paraguay meliputi Distrito Capital, Concepcin, San Pedro, Cordillera, Guaira, Caaguazu, Caazapa, Itapua, Misiones, Paraguari, Alto Parana, Central, Neembucu, Amambay, Canindeyu, Presidente Hayes, Alto Paraguay, dan Boqueron.

F. Kondisi Geografis Paraguay

Secara geografis, wilayah Paraguay terbagi menjadi dua wilayah oleh Rio Paraguay. Kedua wilayah tersebut saling berbeda satu dengan wilayah satunya. Wilayah tersebut yaitu Wilayah Timur (Region Oriental) dan Wilayah Barat dengan nama Paraguay Barat (Region Occidental) atau Chaco yang menjadi bagian dari Gran Chaco.

Paraguay menjadi salah satu negara yang terkurung daratan. Meskipun demikian Paraguay masih memiliki wilayah pantai pesisir dan Pelabuhan di tepian Sungai Paraguay dan Sungai Parana yang menjadi akses keluar masuk dari Samudera Atlantik melalui Parana-Paraguay Waterway.

Sebagian besar wilayah daratan terdiri atas dataran rumput dengan perbukitan dan hutan di wilayah bagian timur. Bagian barat berupa dataran rendah berawa-rawa.

Paraguay memiliki 6 ekor region darat berupa hutan Atlantik Alto Parana, Chaco, Humid Chaco, Cerrado, Pantanal, dan Sabana Parana. Bahkan pada 2019, Paraguay memiliki skor rata-rata Indeks Integritas Bentang Alam Hutan sebesar 6,39/10 dan menempati peringkat ke-74 secara global dari 172 negara.  

G. Kondisi Ekonomi Paraguay

Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Paraguay pada 2021 mencapai USD 39,5 miliar dan PDB per kapita USD 5.891. Selama satu dekade terakhir, Paraguay menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan cepat di Amerika Latin.

Selama lima belas tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi rata-rata Paraguay adalah 3.9% per tahun. Hal ini membuat Paraguay melampaui negara-negara yang jauh lebih besar di kawasan Amerika Latin.

Pertumbuhan yang konsisten mulai melambat dari 2019 hingga 2022 karena beberapa faktor seperti iklim ekstrim, pandemi Covid-19, dan perang di Ukraina, penurunan ekspor komoditas pertanian, dan penghentian ekspor daging ke Rusia.

H. Kondisi Iklim Paraguay

Iklim di Paraguay terbagi menjadi dua yaitu iklim subtropis lembab dan tropis di bagian timur dan iklim tropis padang rumput di bagian barat. Saat musim panas, suhu udara dapat mencapai 45ºC. Sedangkan saat musim dingin suhu terendah dapat mencapai di bawah nol. 

I. Sistem Pemerintahan Paraguay

Sistem pemerintahan Paraguay adalah republik demokrasi dengan sistem pemerintah negara kesatuan. Paraguay memiliki 17 provinsi yang disebut dengan departemen serta Asuncion sebagai ibu kota negara.

Cabang pemerintahan tertinggi adalah presiden sebagai lembaga eksekutif dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Paraguay. Presiden Paraguay dipilih secara langsung pada pemilihan umum presiden dengan masa jabatan lima tahun.

Lembaga legislatif terdiri dari dua kamar yaitu Honorable Senado de la Nacion (senator) dan Honorable Camara de Diputados de la Nacion (dewan perwakilan rakyat). Sistem yudikatif di Paraguay terdiri dari Mahkamah Agung, Dewan Kehakiman, Pengadilan Tingkat Pertama, dan Pengadilan Tertinggi untuk Naik Banding.

J. Agama Penduduk Paraguay

Mayoritas penduduk Paraguay beragama Katolik Roma. Berdasarkan sensus, sekitar 89.9% beragama Katolik, 6.2% beragama Protestan Evangelis, 1.1% denominasi Kristen lainnya, dan 0.6% mempraktikkan agama lokal.

Berdasarkan laporan dari Departemen Luar Negeri AS tentang kebebasan beragama menyebutkan bahwa Katolik Roma, Protestan Injili, Protestanisme garis-utama, Yudaisme, Mormonisme, dan Agama Baha’I merupakan kelompok agama terkemuka di Paraguay.

K. Bahasa Resmi Paraguay

Paraguay menjadi salah satu negara bilingual di dunia. Bahasa resmi di negara ini adalah Spanyol dan Guarani. Bahasa Guarani menjadi bahasa peninggalan luar biasa dari budaya asli Guarani yang bertahan di Paraguay dan umumnya telah dipahami oleh sekitar 95% populasi.

Bahasa Spanyol dituturkan oleh 87% populasi. Sedangkan bahasa Guarani dituturkan oleh lebih dari 90% atau sedikitnya 5.8 juta penutur. Sekitar 52% populasi pedesaan bilingual di Guarani.

Bahasa Guarani banyak digunakan untuk urusan pemerintahan, bisnis, media, dan pendidikan sebagai salah satu lingua franca Amerika Selatan.

L. Fakta Menarik Paraguay

  1. Paraguay menjadi negara terbesar kedua di dunia setelah Meksiko dalam memproduksi ganja. Akan tetapi, saat ini ganja menjadi industri gelap atau ilegal yang dikirim ke sejumlah negara.
  2. Meskipun menjadi negara pedalaman atau landlock, Paraguay tetap memiliki angkatan laut dengan jumlah anggota terbesar.
  3. Paraguay menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia dengan besarnya Positive Experience Index terbesar di dunia yang mencapai angka 85 jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Amerika Selatan lainnya.
  4. Paraguay memiliki air terjun terbesar di dunia dnegan volume air mencapai 1.750.000 meter kubik per detik. Nama air terjun tersebut yaitu Air Terjun Guaira. Bahkan air terjun ini mengalahkan Air Terjun Niagara yang hanya mencapai 70.000 meter kubik per detik.
  5. Paraguay memiliki rawa-rawa, salah satunya Pantatal dan menjadi rawa terbesar di dunia.

M. Hubungan Luar Negeri Paraguay dengan Indonesia

Hubungan diplomatik Indonesia dan Parguay telah terjalin sejak 29 November 1981 yang dirangkap oleh Kedutaan Besar Indonesia di Buenos Aires. Paraguay membuka perwakilannya di Jakarta pada 2011 namun ditutup pada 2014.

Mulai Maret 2021, Indonesia dirangkap oleh Kedutaan Besar Paragua di Tokyo, Jepang. Sejak 1990, Pemri mengangkat Mr. Ricardo Sanchez Abdo sebagai Konsul Kehormatan RI di Asuncion.

Indonesia dan Paraguay menunjukkan kerja sama yang kuat dan saling mendukung di berbagai forum internasional termasuk kunjungan pejabat tinggi. Pada tahun 1958, Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Paraguay.

Pada Mei 2016, Menteri Pertahanan Paraguay, Diogenez Martines menghadiri KTM Aviasi Sipil Negara Berkembang di Bali. Pada Oktober 2016, Kunjungan Menteri Luar Negeri terakhir tercatat pada Agustus 2007 dengan kunjungan Menlu RI, Dr. Hassan WIrajuda, ke Paraguay.

Sedangkan kunjungan parlemen tercatat pada Agustus 2016 dengan kunjungan anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya ke Paraguay untuk bertemu dengan anggota Parlemen Paraguay serta Konsul Kehormatan RI untuk Paraguay Ricardo Abdo Sanchez.

REFERENSI

  • Guru Geografi Indonesia. (2017). “Negara Paraguay”. https://www.geografi.org/2017/11/negara-paraguay.html
  • Gentra News. (2023). “Negara Ini Punya Bendera yang Lain Daripada yang Lain”. https://gentra.co.id/negara-ini-punya-bendera-yang-lain-daripada-yang-lain/
  • Kemlu RI. (2023). “Paraguay”. https://www.kemlu.go.id/buenosaires/id/pages/paraguay/2468/etc-menu
  • Dickson. (2020). “Profil Negara Paraguay”. https://www.ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-paraguay/
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Paraguay”. https://semutaspal.com/paraguay/
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Paraguay: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Penduduknya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-paraguay

*Penulis: Nabila Salsa Bila