Profil Negara Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago merupakan negara yang terletak di bagian selatan Laut Karibia. Dengan demikian, negara ini secara teoritis masuk ke dalam wilayah Amerika Selatan, benua Amerika. 

Menurut sejarah, Trinidad dan Tobago pertama kali ditemukan oleh Christopher Columbus pada 1498. Nama Trinidad berasal dari kata asli “La Isla de la Trinidad” yang artinya pulau trinitas. Nama tersebut diberikan oleh Christopher Columbus dan mengklaim pulau tersebut sebagai milik Spanyol.

Nama Tobago diambil dari kata “Tobacco” yang artinya tembakau. Kedua pulau tersebut menjadi milik Inggris setelah adanya penandatanganan Perjanjian Armiens pada 1802. Negara ini secara resmi merdeka dan berdaulat dari Inggris pada 31 Agustus 1962. Kemudian pada 1 Agustus 1976 berubah menjadi republik.

Berikut adalah informasi lengkap profil negara Trinidad dan Tobago yang bisa disimak.

Profil Negara Trinidad dan Tobago

A. Karakteristik Negara Trinidad dan Tobago  

Nama Resmi: Republic of Trinidad and Tobago
Nama Lokal: Republik Trinidad dan Tobago
Ibu Kota: Port of Spain
Semboyan Negara: Together we aspire, together we achieve (bersama-sama kita berangan-angan, bersama-sama kita mancapai)

Lagu Kebangsaan: Forged from the Love of Liberty
Bentuk Pemerintahan: Republik Parlementer
Sistem Pemerintahan: Parlementer
Kepala Negara: Presiden

Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri
Badan Legislatif: Parlemen (Senate + House pf Representatives)
Hari Kemerdekaan: 31 Agustus 1962 (dari Inggris) dan 1 Agustus 1976 (menjadi republik)
Jumlah Penduduk: 1.208.789 (estimasi Juli 2020)

Mata Uang: Dolar Trinidad dan Tobago (TT$) (TTD)
Kode Telepon: -867

Bendera Negara Trinidad dan Tobago
Bendera Negara Trinidad dan Tobago

B. Sejarah Berdirinya Trinidad dan Tobago

Nama Trinidad berasal dari penjelajah Christopher Columbus. Penjelajah tersbeut memberikan nama tersebut karena berasal dari kepercayaan Katolik yang dianutnya yaitu Trinitas Suci.

Di Trinidad terdapat bagian negara pulau yang lebih kecil. Oleh masyarakat setempat dinamai dengan “Tobago”. Penamaan ini dikarenakan di kawasan tersebut banyak ditermukan perkebunan tembakau.

Kemudian Trinidad dan Tobago mulai dihubungkan menjadi satu negara sejak bangsa Inggris menduduki wilayah tersebut.  

C. Luas dan Batas Wilayah Trinidad dan Tobago  

Trinidad dan Tobago merupakan sebuah negara yang berbentuk kepulauan dan berada di Laut Karibia. Luas wilayah negara ini adalah 5.128 km persegi dengan pulau terbesarnya berada di Trinidad atau sekitar 94% (4.768 k persegi) dari keseluruhan negara. sedangkan luas pulau Tobago adalah 300 km persegi.

Secara astronomis, Trinidad dan Tobago   berada di antara garis lintang 10o 2’ LU sampai dengan 11o 12’ LU dan garis bujur dan di antara garis bujur 60o 30’ BT sampai dengan 61o 56’ BT.

Selain dua pulau utama, negara ini juga memiliki beberapa pulau kecil seperti Little Tobago, Monos, Huevos, Gaspar Grande (Gasparee), Chacachacare, dan Saint Giles.

Berikut adalah batas-batas wilayah Trinidad dan Tobago, yaitu:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Grenada dan Barbados
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Venezuela
  • Sebelah timur berbatasan dengan Guyana
  • Sebelah barat berbatasan dengan Venezuela

D. Pembagian Wilayah Administratif Trinidad dan Tobago 

Trinidad dan Tobago terbagi menjadi 14 korporasi regional dan munisiplitas yang dibentuk dari sembilan wilayah dan lima kota dengan tingkat otonomi terbatas. Berbagai dewan di negara ini merupakan campuran dari anggota terpilih dan yang ditunjuk.

Nama dari 14 korporasi regional tersebut adalah Diego Martin, Port of Spain, San Juan Laventille, Tunapura-Piarco, Arima, Sangre Grande, Chaguanas, Couva-Tabaquite-Talparo, Rio Claro-Mayaro, Princess Town, San Fernando, Penal-Debe, Siparia, dan Point Fertin.    

E. Kondisi Geografis Trinidad dan Tobago 

Trinidad dan Tobago berada di landas kontinen Amerika Selatan, sehingga secara geologis negara ini terletak di Amerika Selatan. Titik tertinggi di negara ini adalah Pegunungan Utara, El Cerro del Aripo (940 m).

Pulau-pulau yang ada di Trinidad dan Tobago sebagian besar datar atau bergulung dengan sabuk sempit pegunungan tinggi dan hutan hujan lebat.  

F. Kondisi Perekonomian Trinidad dan Tobago  

Trinidad dan Tobago termasuk ke dalam negara maju dan terkaya di kawasan Karibia. Negara ini juga menempati posisi ke-40 dari 70 negara berpenghasilan tertinggi di dunia tahun 2010. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) mengubah status Trinidad dand Tobago yang dulunya negara berkembang menjadi negara maju di tahun 2011.

Pendapatan Trinidad dan Tobago berasal dari sektor industri seperti petroleum. Selain industri, negara ini juga banyak ditunjang dari sektor pariwisata dan manufaktur.

Sektor pertanian menyumbang pendapatan negara dengan hasil pertanian berupa kokoa dan jeruk. Keduanya diekspor ke sejumlah negara di kawasan Karibia. Hasil pertanian lain yang ada yaitu gula, kopi, sayur mayur (terong, timun, singkong, labu, dan kelapa), dan hasil laut.

Kemudian sekitar 40% pendapatan Trinidad dan Tobago didapatkan dari gas dan minyak bumi. 

G. Sistem Pemerintahan Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago merupakan negara yang berbentuk republik. Sistem republik di negara ini memiliki dua dewan yaitu kepala negara dipimpin seorang presiden dan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri. 

H. Agama Penduduk Trinidad dan Tobago

Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada 2011, mayoritas penduduk Trinidad dan Tobago menganut agama Katolik Roma dengan jumlah populasi sebesatr 21.60%. Agama terbesar kedua adalah Hindu dengan jumlah 18.15%. Kemudian, agama ketiga adalah Protestan dengan jumlah 12.02%.

Secara signifikan, ateis mewakili 11.1% populasi. Sisanya terdiri dari Spiritual Shouter Baptists (5.67%), Anglikan (5.67%), Islam (4.97%), Advent Hari Ketujuh (4.09%), Presbyterian (2.49%), tidak taat (2.18%), Saksi Yehuwa (1,47%), Baptis (1,21%), Trinidad Orisha (0,9%), Methodis (0,65%), Rastafarian (0,27%), dan Gereja Moravia (0,27%). 

Selain itu, terdapat dua kepercayaan sinkretik Afrika yang menjadi salah satu kelompok agama yang paling cepat berkembang. Hal ini membuat terjadi peningkatan dalam jumlah Gereja Pantekosta oleh sebagian orang Trinidad.

Sikh, Jain, Zoroastrian, Baha’i, dan Buddha banyak dipraktikkan oleh Indo-Trinidadian Tobagonian. Beberapa agama timur seperti Buddha dan Tao banyak diikuti oleh komunitas Tionghoa. 

I. Bahasa Resmi Trinidad dan Tobago 

Bahasa resmi Trinidad dan Tobago adalah bahasa Inggris. Akan tetapi, bahasa lisan utama yang digunakan merupakan berasal dari dua bahasa kreol yang berbasis Inggris yang disebut dengan Trinidadian atau Tobagonian.

Kedua kreol tersebut mengandung unsur bahasa Afrika. Selain itu, bahasa Inggris juga dipengaruhi oleh bahasa Perancis dan Kreol Peranci (Patois). Bahasa Spanyol diucapkan oleh sekitar 5% populasi. 

J. Fakta Menarik Trinidad dan Tobago

  1. Trinidad dan Tobago merupakan negara yang berbentuk kepulauan dengan garis pantai sepanjang 362 km.
  2. Di Trinidad dan Tobago terdapat Festival of Light yang diselenggarakan oleh umat Hindu.
  3. Trinidad dan Tobago memiliki koral yang berbentuk otak terbesar di dunia dengan ketinggian mencapai 3 meter dan lebar 5,3 meter.
  4. Trinidad dan Tobago memiliki deposit natural terbesar di dunia di danau La Brea Pitch.
  5. Pulau Tobago memiliki kolam renang alam di tengah laut yang dinamakan Kolam Nylon. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter.
  6. Burung nasional Trinidad adalah Scarlet ibis. Sedangkan burung nasional Tobago adalah Cocrico.
  7. Trinidad dan Tobago merupakan tempat kelahiran rapper terkenal, Nicki Minaj. 

K. Hubungan Luar Negeri Trinidad dan Tobago dengan Indonesia 

Pada 21 Mei 2022 dilakukan pertemuan masyarakat Indonesia di Trinidad dan Tobago. Pertemuan ini juga dihadiri oleh “Friends of Indonesia” yang merupakan pengusaha Trinidad dan Tobago yang tertarik untuk melakukan perdagangan dengan Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, disajikan pula banyak kuliner Indonesia serta Trinidad dan Tobago. Tujuan dilakukannya pertemuan ini untuk memudahkan pengiriman produk-produk Indonesia ke Trinidad dan Tobago. 

REFERENSI

  • Kemlu RI. (2022). “Pertemuan dengan WNI dan Pengusaha di Trinidad dan Tobago”.  https://kemlu.go.id/caracas/id/news/19615/pertemuan-dengan-wni-dan-pengusaha-di-trinidad-dan-tobago
  • Yosua Herbi. (2020). “Profil & Informasi tentang Negara Trinidad dan Tobago”. https://semutaspal.com/trinidad-dan-tobago/
  • Avisena Ahari. (2019). “Ada Negara Trinidad dan Tobago, Ini Asal-Usuul Negara yang Punya Dua Nama”. https://bobo.grid.id/read/081923163/ada-negara-trinidad-dan-tobago-ini-asal-usul-negara-yang-punya-dua-nama?page=all
  • Britannica. (2023). “Ringkasan Trinidad dan Tobago”. https://www-britannica-com.translate.goog/summary/Trinidad-and-Tobago?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
  • Ika Lestari. (2021). “Negara Trinidad dan Tobago: Karkateristik, Kekayaan Alam, dan Faktanya”. https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-trinidad-dan-tobago
  • Delilah Eleanor. (2022). “9 Fakta Trinidad dan Tobago, Kepulauan Karibia yang Belum Kamu Tahu”. https://www.idntimes.com/travel/destination/delilah-eleanor/fakta-trinidad-dan-tobago-c1c2?page=all

*Penulis: Nabila Salsa Bila