Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
SELAMAT DATANG Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca.

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah hal penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lain di muka bumi ini. Keberadaan lingkungan hidup mendukung kehidupan makhluk hidup itu sendiri. 

Terjadinya berbagai bentuk kerusakan lingkungan hidup, berpotensi mengganggu akvitas kehidupan manusia beserta makhluk hidup lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Manusia harus mampu meminimalisir potensi terjadinya kerusakan lingkungan hidup dengan berbagai upaya rekonsiliasi serta kegiatan lain guna menjaga lingkungan hidup tetap terjaga. 

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Ada beberapa upaya pelesatarian lingkungan hidup yang perlu untuk dilakukan. Upaya ini tentu harus dilakukan secara bersama dan dalam skala besar sehingga berhasil efektif. Dari pihak pemerintah maupun masyarakat secara luas, semua harus dapat mendukung berbagai program atau upaya pelestarian lingkungan hidup agar hasilnya maksimal. 

# Membangun Budaya Pelestari

Upaya pelestarian lingkungan hidup hanya akan sukses ketika dilakukan secara sungguh-sungguh dan bersama-sama. Oleh karena itu, perlu untuk mengkampanyekan budaya pelestari sehingga setiap orang menyadari peran pentingnya dan apa yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup.

# Pengelolaan Sampah yang Baik

Sampah adalah salah satu masalah besar bagi manusia. Manusia hidup dengan terus menghasilkan sampah waktu demi waktu. Semakin banyak sampah yang dibuang, semakin besar potensi kerusakan lingkungan yang terjadi. Untuk itu, pengelolaan sampah yang baik sangat diperlukan sehingga limbah tidak menumpuk dan merusak lingkungan.

# Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya dapat mengotori lingkungan, mengakibatkan penyakit dan memicu bencana alam lainnya. Beberapa kerusakan lingkungan yang bisa ditimbulkan misalnya banjir, longsor, pencemaran air, dan lainnya.

# Mencegah Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan atau tebang liar akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan bencana alam. Oleh karena itu, menghindari penggundulan hutan dan tebang liar akan menjadi upaya baik dalam menjaga lingkungan hidup. Lakukan tebang pilih alih alih tebang liar. 

# Melakukan Reboisasi

Reboisasi adalah kegiatan menanam kembali hutan yang gundul. Reboisasi juga didukung dengan kegiatan tebang pilih, sebagai upaya untuk menggantikan kegiatan tebang liar. Dengan reboisasi, hutan akan dilestarikan lebih baik dan lingkungan jadi lebih asri. Lahan yang hijau akan membuat air tanah lebih terjaga dan mencegah berbagai kerusakan alam.

# Menggunakan Peralatan Ramah Lingkungan

Barang-barang industri ada yang ramah lingkungan. Ada baiknya, kita mulai menyeleksi penggunaan peralatan yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan. 

# Rajin Membersihkan Lingkungan 

Lingkungan yang bersih sangat penting sebagai salah satu langkah untuk menjaga lingkungan tetap asri. Rajin membersihkan lingkungan dapat membantu menghindari berbagai penyakit juga membuat lingkungan alam terjaga dengan baik. Kita bisa melakukan kerja bakti atau dimulai dari membersihkan lingkungan sekitar kita sendiri secara rutin. 

# Memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang

Memanfaatkan barang-barang yang merupakan hasil daur ulang dapat membantu upaya pelestarian lingkungan. Langkah ini akan mengurangi produksi sampah yang ada. Selain itu juga dapat mengurangi industri penggunaan barang-barang yang ikut menyebabkan kerusakan lingkungan.

# Menghemat air, listrik dan BBM

Penggunaan air, listrik dan bahan bakar minyak yang berlebihan dapat terut menyumbang kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, kita harus hemat dan bijak dalam menggunakan listrik, air, maupun BBM.

# Merawat pohon di lingkungan rumah

Mulailah melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan cara paling mudah dan paling dekat dengan lingkungan tempat tinggal. Kita bisa menanam dan merawat pohon di lingkungan sekitar rumah. Hal ini akan membantu melestarikan lingkungan hidup dan menghasilkan udara yang segar. Selain itu, kita juga tidak boleh merusak tanaman di sekitar kita.

# Menangkap ikan dengan cara tradisional  

Melestarikan lingkungan sungai perlu dilakukan agar sungai tetap bersih dan terjaga fungsinya dengan baik. Salah satunya bisa dilakukan dengan menangkap ikan menggunakan cara-cara tradisional. Hindari penangkapan dengan bom atau racun karena bisa merusak ekosisten sungai atau perairan tempat tinggal ikan tersebut.

# Membuat Terasiring di Lahan Miring/ Pegunungan

Lahan miring atau pegunungan perlu untuk tetap dilestarikan dengan ditanami aneka pohon dan tanaman lain. Kita juga bisa memanfaatkannya dengan membuat sengkedan atau terasering, yakni lahan yang bertingkat. Ini akan mencegah terjadinya longsor. Selain itu, terasering bermanfaat bagi petani agar dapat mengelola sawah dengan lebih baik.

# Mengelola asap kimia dengan baik

Kegiatan industri dapat menghasilkan asap kimia yang mencemari udara. Oleh karena itu, kita perlu mengelolanya agar hasil limbah industri tidak menghasilkan asap kimia berbahaya dan bersifat mencemari lingkungan. Selain itu, asap kimia juga dihasilkan dari rokok. Untuk itu, perlu menjaga kesehatan udara dengan menghindari rokok atau dengan merokok pada tempat yang disediakan.

Referensi:

  • Iec. 2020. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, diakses dari https://environment-indonesia.com/articles/upaya-pelestarian-lingkungan-hidup/
  • Jurnalsecurity. 2020. 11 Cara Menjaga Lingkungan Alam, diakses dari https://jurnalsecurity.com/11-cara-menjaga-lingkungan-alam/
  • LDH Paserkab. 2018. Cara Menjaga Lingkungan Hidup, diakses dari https://dlh.paserkab.go.id/detailpost/cara-menjaga-lingkungan-hidup

*Penulis: Hasna Wijayati

Posting Komentar untuk "Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup"